Danrem 161/Wira Sakti Pimpin Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Ibu Hj.Iriana Joko Widodo

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Apel gelar pasukan pengamanan VVIP (Very Very Important Persons) dalam rangka persiapan pengamanan kunjungan kerja Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla bersama rombongan dalam rangka melaksanakan beberapa agenda kegiatan di wilayah Kabupaten Sikka, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), besok Rabu (04/04/2018).

Apel gelar pasukan dilaksanakan Selasa (03/04) di Lapangan Kota Baru Maumere Kabupaten Sikka, diikuti oleh semua unsur yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) yang terdiri dari unsur TNI, Polri dan unsur terkait lainnya, termasuk gelar peralatan dan perlengkapan pendukungnya.

Pangdam IX/Udayana dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E, M.M mengatakan, bahwa meskipun Pengamanan VVIP sudah sering dilaksanakan baik pada even nasional maupun internasional sebelumnya, namun demikian pasukan tidak boleh lengah ataupun menganggap biasa tugas Pengamanan VVIP seperti ini.

Agar Pengamanan VVIP nanti berjalan dengan lancar dan aman, maka perlu dilaksanakan apel gelar pasukan yang bertujuan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai Prosedur Tetap (Protap) Pengamanan VVIP, sehingga tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur dalam pelaksanaannya.

“Segala sesuatunya harus betul-betul kita siapkan dimulai tahap awal sampai dengan akhir dan tidak ada istilah rutinitas dalam Pengamanan VVIP kali ini, dan kita pastikan lagi, kesiapan yang akan dilakukan oleh personel yang akan bertugas dalam pengamanan VVIP,” tegasnya.

Lebih lanjut, agar seluruh personel yang terlibat dalam Satgas Pengamanan memahami dan menguasai Protap Pengamanan VVIP, memegang teguh disiplin dan rantai komando, melakukan koordinasi dengan unsur pengamanan lainnya secara optimal serta segera melaporkan bila terdapat kejanggalan dalam pelaksanaan tugas, jelas Pangdam IX/Udayana.

Sementara itu, Danrem 161/Wira Sakti selaku Dansatgas Pamwil usai apel gelar pasukan kepada awak media menjelaskan bahwa seluruh personel Satgas Pengamanan akan disiagakan terutama dalam mengamankan rute yang akan dilewati Ibu Hj Iriana Joko Widodo beserta rombongan, mulai dari kedatangan hingga di beberapa tempat yang menjadi lokasi kunjungan.

“Dimana tempat Ibu Hj Iriana Joko Widodo beserta Rombongan akan melaksanakan kunjungan disitu akan kita amankan semaksimal mungkin, terutama di rute kunjungan, selain pengamanan ring 1, ring 2 dan ring 3 serta di sejumlah titik yang dianggap berpotensi terjadi gangguan,” terangnya.

Usai kegiatan Apel gelar pasukan, langsung dilaksanakan gladi rangkaian Pam VVIP di mulai dari awal kegiatan sampai dengan selesainya kegiatan.(penrem161ws)