Cerita Dan Sisi Menarik Pra TMMD Ke 101 Kodim 1611/Badung Bagi Warga

Bagikan Artikel ini

Badung, NTTOnlinenow.com – Banyak cerita menarik selama pelaksanaan Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 101 di Banjar Pundung, Desa Pangsan, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung-Bali.

Prebekel Desa Pangsan, I Nyoman Raka Tri Sukaya (54) bercerita, dulu masyarakat merasa takut ketika ketemu anggota ABRI yang telah berubah menjadi TNI. Namun dengan adanya TMMD, sikap masyarakat berubah.

“Melihat TNI bekerja masyarakat menjadi dekat dan merasa memiliki. Saya salut dan berterima kasih kepada bapak-bapak TNI yang saat ini ada di lokasi Pra TMMD,” ucapnya, Kamis (29/3/2018).

Seakan mengulang memori di Tahun 2000 an, Sukaya mengungkapkan, akses jalan yang saat ini dibangun dulunya juga berkat TMMD. Secara kebetulan, waktu itu Mayor Inf. I Putu Sukadana menjadi Danramil Petang (sekarang Pabung Kodim 1611/Badung).

“Saya sendiri merasakan langsung. Dulu jalan yang ada sekarang juga merupakan hasil TMMD Tahun 2000, waktu itu Danramilnya Pak Putu. Banyak sasaran yang ada di wilayah desa Pangsan yang bisa dikerjakan, seperti jalan usaha tani, jalan wisata dan lainnya,” kata Prebekel.

Salah satu warga Banjar Pandung, Nyoman Lanus (70) mengatakan, meski lahan miliknya seluas 20 Are juga terkena dampak pelaksanaan TMMD, ia mengaku iklhas.

“Tanah saya kena pelebaran jalan ± 5 Are, termasuk tanaman durian yang sedang berbuah. Saya tidak apa-apa dan mendukung program TMMD. Saya bangga bisa ikut memberikan dukungan tanah, termasuk memberikan ratusan buah durian saya kepada bapak TNI yang sedang bekerja. Mumpung lagi musim,” ucapnya.

Sementara itu, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1611/Badung, Mayor Inf. Putu Sukadana menjelaskan, saat ini Pra TMMD melaksanakan kegiatan fisik, setelah nanti dibuka, baru dilaksanakan kegiatan non fisik.

“Dalam pelaksanaan TMMD nanti, pasukan yang terlibat 5 sampai 8 orang. Mereka tidur dan makan akan berbaur dengan masyarakat, saya titip pada Bapak Prebekel untuk membantunya”, terang Pabung.

Sementara untuk kegiatan di Pra TMMD, Kamis, (29/3/2018), personel melaksanakan pemasangan slop dan pengecoran, membuat siar/nat pada senderan batu, penyusunan batu, penimbunan limstone, dan pembuatan bekisting.

“Mudah-mudahan cuaca tetap mendukung seperti sekarang, cerah”, kata Koordinator Lapangan Mayor Inf. Ariyanto yang juga merupakan Danramil 1611-07/Denpasar Barat.Penrem 163 Wira Dharma/Ida Bagus