500 Personel Polri-TNI Siap Amankan Paskah di Belu dan Malaka

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 500 personel gabungan dari Polres Belu, Brimob Subden 2 Den A Pelopor Atambua, Kodim 1605/Belu dikerahkan untuk mengamankan perayaan Paskah 2018 mendatang.

Gabungan personel Polri dan TNI dibantu dengan aparat Sat Pol PP akan ditempatkan di setiap rumah ibadah atau gereja-gereja yang berada di wilayah Kabupaten Belu dan Malaka, Timor Barat wilayah perbatasan RI dan Timor Leste.

“Aparat kita tempatkan sebelum dan sesudah perayaan Paskah yang dilaksanakan di setiap gereje-gereja di Belu dan Malaka,” ujar Kapolres Belu AKBP Christian Tobing yang dihubungi media kemarin.

Menurut Tobing, yang dikedepankan pengamanan untuk perayaan hari raya Paskah. Polri melaksanakan kegiatan pengamanan dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif bagi masyarakat Nasrani baik Katolik maupun Protestas yang merayakan Paskah.

“Diharapkan dengan bersinergi dengan TNI kemudian Pemda dan seluruh stakeholder di Belu dan Malaka, agar pelaksanaan hari raya Paskah berjalan aman dan damai, dan operasi berjalan sukses,” ujar dia.

Lanjut Tobing, selain di tempat-tempat ibadah atau gereja personil gabungan juga akan ditempatkan di tempat-tempat objek wisata di Belu dan Malaka. Personel gabungan jelas dia mengedepankan upaya-upaya prentif dan preventif guna mencegah tingkat kriminal.

“Kita lakukan penjagaan tidak saja di gereja-gereja tapi juga di spot-spot tempat wisata. Jumlah personel Polri 400 didukung TNI sekitar puluhan dan Pramuka,” sebut dia.

Diharapkan kepada masyarakat, agar tetap menjaga situasi yang aman dan tenang di Belu dan Malaka sehingga tetap kondusif selama perayaan Paskah berjalan. “Mari kita sama-sama menghormati peryaan Paskah ini dan menjaga agar kamtibmas tetap kondusif,” pinta Tobing.

Sementara itu Kodim 1605/Belu mengerahkan 100 personel yakni para Babinsa di setiap Koramil guna mendukung kegiatan dalam rangka pengamanan perayaan Paskah 2018 di Belu dan Malaka.

“Tiap-tiap Babinsa tetap memantau dan menjaga situasi yang kondusif selama perayaan Paskah. Harapan kita Paskah dapat berjalan aman dan tenang,” kata Dandim Belu, Letkol Czi Gusti Putu Dwika.

Lanjut Gusti, TNI tetap menjaga sinergitas bekerjasama dengan Polri dan instansi Pemkab terkait agar tetap menjaga situasi yang kondusif. “Jumlah personel yang kita libatkan hampir 150 orang, Babinsa yang ada di Koramil Belu dan Malaka semua stand by di Paskah,” ujar dia.

Dandim Gusti berpesan kepada masyarakat silakan melaksanakan kegiatan ibadah dengan tertib dan tenang. Untuk masalah keamanan dan ketertiban selama perayaan Paskah berlangsung serahkan ke TNI, Polri dan Pemkab untuk menjaga.