Jelang Penilaian Adipura, Warga Kota Kupang Diminta Jaga Kebersihan

Bagikan Artikel ini

Lapporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Menjelang penilaian tahap II Adipura, untuk Kota Bersih dan Indah Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Kupang, Obed Kadji minta peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Masyarakat juga diminta aktif membersihkan lingkungan dan jangan bergantung pada DLHK.

Permintaan ini disampaikan Kadis DLHK Obed Kadji kepada wartawan saat ditemui di Kantor DPRD Kota Kupang, Jumat (23/3/2018).

Obed mengatakan, perlu adanya partisipasi kelurahan dan masyarakat untuk lebih aktif melakukan kegiatan gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan. Karena dalam kunjungan kerja belum lama ini dilakukan dinas bersama Dewan Evaluasi Kota (DEK) Kementerian Lingkungan Hidup regional Bali di Denpasar, mereka meminta agar Kota Kupang bersiap dalam menghadapi penilaian tahap kedua Adipura 2018.

“Dalam menghadapi penilain tahap kedua ini, kami berkomitmen agar penanganan masalah kebersihan di kota ini benar tercapai melalui kegiatan dan program nantinya. Apalagi dalam persiapan menghadapi penilaian tahap kedua Adipura ini mendapat bantuan dari Dewan Evaluasi Kota yang akan bersama-sama dinas menyatukan komitmen melalui program dalam penanganan kebersihan lingkungan.

“Kita harus bersyukur dalam penilaian yang dilakukan okeh tim kementerian lingkungan hidup regional Bali, Kota Kupang masuk dalam penilaian tahap ke dua dengan poin penilaian 52, karena selama tidak pernah sampai tahap tersebut,” ujar Obed.

Obed menambahkan, selain itu disisi lain perlu juga masyarakat kota syukuri dalam persiapan penilain ini ada ahli-ahli yag tergabung dalam DEK yang mau membuka diri dalam membantu pemerintah kota melalui pemikiran mereka kepada masyarakat secara teknis pengolahan sampah secara baik.

“Kami sudah melakukan rapat bersama DEK, untuk bagaimana menyatuhkan konsep strategis antara dinas dan DEK.Karena dalam rapat bersama tersebut DEK sudah menyampaikan ide dan konsep strategis mereka dalam membantu dinas kebersihan guna penanganan kebersihan di kota ini, dan tinggal kita cocok dengan konsep yang sudah disiapkan dinas,” kata Obed.