Polres Belu Gelar Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Paskah

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kepolisian Resor (Polres) Belu menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan paskah 2018 di Belu dan Malaka, Rabu (21/3/2018).

Rakor berlangsung di aula Mapolres Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing.

Hadir dalam rakor, Dansatgas Sektor Timur RI-RDTL Yonif 743/PSY, Danramil 01-1605/Kota, Kepala Beacukai, pejabat mewakili instansi lain, Tokoh Agama, Kabag Ops, Perwira mewakili Kasat Intelkam Polres Belu serta seluruh Kapolsek.

Kapolres Tobing kepada media usai rakor mengatakan, tujuan rapat koordinasi lintas sektoral untuk menyamakan persepsi dalam rangka pengamanan perayaan Paskah di wilayah Belu dan Malaka.

Menurut dia, dalam operasi samana santa Polres Belu tidak mungkin berjalan sendirian. Tentunya kita harus bersinegeri dengan seluruh stakholder didalam tugas masing-masing di setiap lintas sektoral.

“Semuanya kita saling bekerja sama dan pada prinsipnya cara bertindak adanya eskalasi pada masyarakat dan bisa cepat ditangani kalau ada masalah yang terjadi,” ujar dia.

Ditambahkan, tentunya pihaknya akan berkoordinasi dengan keuskupan serta para Romo di gereja-gereja berkaitan dengan beberapa kejadian tahun lalu. Selain itu juga antisipasi untuk curanmor, juga mungkin oknum atau profokator yang muncul mengganggu saat pelaksanaan dan terorisme.

“Kita libatkan Satgas Brimob penjinak bom untuk penyisiran di tempat ibadah, utamanya oleh anggota yang memiliki spesifikasi itu,” ucap Tobing.

Lanjut dia, terciptanya keamanan selama perayaan tentunya tidak bisa terlepas dari partisipasi masyarakat. Diharapkan saling membantu, mendukung, menginformasikan juga mendeteksi bersama kalau ada kecurigaan di dalam perayaan segera dilaporkan.

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*