Dishub Kota Kupang Terapkan Larangan Parkir di Depan Transmart

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Menyusul sering terjadi kemacetan di Jalan W.J. Lalamentik, tepatnya di depan pusat perbelanjaan dan permainan Transmart Carrefour, Dinas Perhubungan akan menerapkan larangan parkir di depan pusat perbelanjaan tersebut.

‎Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Yogerens Leka kepada wartawan, Rabu (14/3/18) mengatakan, pada ruas jalan W.J Lalamenti, tidak boleh ada kendaraan yang parkir. Karena akan menimbulkan kemacetan panjang dan membuat masyarakat tidak nyaman.

“Kami melihat juga ada yang memungut uang parkir disana. Padahal tidak ada kerjasama dengan Dinas Perhubungan. Untuk itu, Kami sudah koordinasi dengan tim saber pungli untuk menundaklanjuti hal ini. Jika memang ditemukan adanya pungutan liar, maka harus segera ditindak,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Yogerens Leka.

Sementara terkait ijin lalu-lintas (Lalin) kata Yogerens, ijin Lalu Lintas (Lalin) Transmart Carrefour merupakan kewenangan Dinas Perhubungan Provinsi tetapi setelah melakukan rapat dengan Dinas Perhubungan Kota Kupang diputuskan ijin lalin Transmart Carrefour di keluarkan oleh Dinas Pehubungan Kota Kupang.

Dikatakan, mengenai ijin lalu lintas di Transmart Carrrfour sebenarnya merupakan kewenangan Dinas Perhubungan Provinsi NTT. Untuk itu, Dinas Perhubungan Kota dan Provinsi telah melakukan rapat dan hasilnya ijin lalin dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Kota Kupang.

“Pada prinsipnya kami tidak lagi mempersoalkan ijin lalin yang dikeluarkan. Tetapi selama enam bulan akan dilakukan evaluasi oleh Dinas Perhubungan Provinsi. Pasalnya, kondisi parkir tidak tetap. Maksudnya ada waktu-waktu tertenu dimana sangat macet dan kadang juga bisa stabil, untuk itu perlu dilakukan evaluasi setiap enam bulan,” katanya.