Dandim 1616/Gianyar: Pembinaan Teritorial Harus Sinkron Dengan Program Pemerintah

Bagikan Artikel ini

Gianyar, NTTOnlinenow.com – Pembinaan teritorial atau Binter saat ini telah menjadi salah satu fungsi utama bagi TNI AD, yang dalam pelaksanaannya perlu disingkronisasikan dengan program pemerintah.

Demikian disampaikan Dandim 1616/Gianyar Letkol Kavaleri Asep Noer Rokhmat, S.E., pada penyelenggaraan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Keluarga Besar (KB)TNI Kodim 1616/Gianyar TA.2018, bertempat di Aula Makodim setempat.

Ada alasan mendasar terkait perlunya sinkronisasi antar komponen bangsa dengan TNI karena mempunyai kewajiban untuk mempertahankan dan melindungi kedaulatan NKRI baik berupa ancaman dari luar maupun dalam negeri.

Lebih lanjut dikatakan, untuk mewujudkan cara pandang kita maka salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah komunikasi sosial atau Komsos seperti saat ini antara Kodim 1616/Gianyar dengan Keluarga Besar TNI AD

Dengan dilaksanakannya Komsos ini maka kita dapat bersilahturahmi, akan semakin terjaganya hubungan serta terpeliharanya persatuan dan kesatuan antara TNI AD dengan Keluarga Besar TNI.

Tema yang diangkat yaitu “Melalui Silaturahmi Dengan Keluarga Besar TNI, Kita Tingkatkan Pengamalan Tentang Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika Untuk Berpartisipasi Dalam Menjaga Dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI”.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 100 orang tersebut mendapatkan pembekalan dari Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Asep Noer Rokhmat,S.E., tentang perkembangan situasi nasional, Bali Nusra serta Pilkada serentak Tahun 2018 terkait Netralitas TNI dan penekanan dari Komando Atas agar sebagai TNI AD tetap memelihara profesionalisme, loyalitas, bangun kebersamaan dan mempunyai kebanggaan terhadap propesi.

Sementara itu Kasdim 1616/Gianyar Mayor Inf I Gede Merta Santosa, A.md, memberikan materi tentang Bhinneka Tunggal Ika yaitu keragaman dan perbedaan Bangsa Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Para Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 1616/Gianyar, Ketua Persit Cabang XXXV Kodim 1616/Gianyar beserta pengurus, Ketua PPM Kabupaten Gianyar Cokorda Gede Widiarsa beserta anggota, Ketua Pepabri Kabupaten Gianyar I Gusti Ngurah Arta beserta anggota, Ketua LVRI Kabupaten Gianyar Abdullah Hasan beserta anggota, FKPPI Kabupaten Gianyar, Piveri serta KBT lainnya.

Di akhir kegiatan dilaksanakan pemberian bingkisan yang diterima oleh perwakilan dari KBT serta sesi foto bersama.Penrem 163 Wira Satya