Dandim 1601 Sumba Timur Buka Latihan Tekhnis Teritorial TA 2018

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1601 Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) Letkol Inf. Zaenuddin, SE membuka latihan tekhnis teritorial (Latnister) bagi prajutit Kodim 1601 Sumba Timur, Senin (12/3/2018) bertempat di Aula Makodim Sumba Timur.

Pembukaan Latihan tekhnis teritorial (Latnister) diikuti 45 orang Babinsa jajaran Kodim 1601 dan dihadiri oleh Dandim 1601 Sumba Timur, Pasiter Kodim 1601, Pasiops Kodim 1601, Pasilog Kodim 1601, Danramil 1601-01 Kecamatan Lewa, Danramil 1601-2 Kec. Umalulu dan Babinsa jajaran Kodim 1601 Sumba Timur.

Dalam laporannya koordinator Latnister Kapten Inf Nurcahyono bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengasah kembali kemampuan dari para Babinsa dan jajaran Kodim 1601 Sumba Timur tentang pengetahuan sikap teritorial serta lima kemampuan teritorial.

“Dalam latihan teritorial ini untuk mengembalikan kemampuan dalam melaksanakan tugas anggota di wilayah binaan para Babinsa tentunya berpedoman kepada sikap teritorial dan lima kemampuan teritorial tersebut,”jelasnya.

Dandim 1601 Letkol Inf. Zaenuddin, SE mengatakan, latihan tekhnis teritorial adalah upaya satuan dalam memelihara dan meningkatkan kemampuan tekhnik serta ketrampilan para anggota Babinsa dalam peranannya sebagai aparat kewilayahan.

“Untuk itu seluruh peserta latihan harus mendengar, menyimak materi-materi yang diberikan oleh penyaji dan mengikuti pelatihan itu dengan sungguh-sungguh dan iklas,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Dandim menyampaikan, bahwa kegiatan Latnister untuk memelihara dan meningkatkan tekhnik teritorial sesuai dengan lima kemampuan teritorial dan memelihara sikap serta perilaku prajurit sebagai aparat komando kewilayahan dalam mengaplikasi sikap teritorial.