Polemik Pulau Papagarang, Senator Andre Garu Marah, BTNK Bantah

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro Saputra
Labuan Bajo, NTTOnlinenow.com-Andre Garu, senator asal Nusa Tenggara Timur (NTT) marah terhadap Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Labuan Bajo terkait polemik pulau Papagarang yang terletak kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Ia menilai kehadiran pemerintah melalui BTNK di Mabar hanya akan mengganggu dan merusak tatanan masyarakat di pulau Papagarang, Flores, NTT.

Garu mengecam keras sikap pihak BTNK yang melarang masyarakat di pulau Papagarang untuk mencari ikan di pulau itu, termasuk mengklaim pulau tersebut adalah milik pemerintah.

Pulau Papagarang adalah salah satu pulau yang ada di wilayah Kecamatan Komodo, seluas 201 hektar, keliling 7,15 km, dengan jumlah penduduk 1527 jiwa atau 433 kepala keluarga, dengan mata pencaharian pokok adalah nelayan.

Masyarakat setempat mengklaim, mereka menempati pulau itu sejak jaman dahulu, sebelum masuknya BTNK ke Labuan Bajo.

Atas hal itu, Andre Garu mengaku bahwa dirinya sudah menyurati Presiden Jokowi Dodo dan Kementerian untuk kembali mempertimbangkan status pulau itu dan nasib masyarakat setempat.

Luapan kemarahan Andre Garu ini terlihat pada saat menghadiri seminar sehari tentang persiapan pemekaran kecamatan Komodo Selatan di desa Mbuhung, Kecamatan Komodo yang dihadiri oleh perwakilan tokoh-tokoh masyarakat dari sepuluh desa di wilayah itu bersama sejumlah anggota DPRD Mabar dan masyarakat setempat, belum lama ini.

Garu meminta semua pihak, aktivis, generasi muda dan pers untuk serius mengkawal dan melawan seluruh kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada masyarakat, namun dengan cara terhormat.

Menurutnya, kehadiran pemerintah mestinya untuk menjaga, mengamankan dan melindungi masyarakat, bukan malah mengganggu ketenangan masyarakat.

“Kehadiran BTNK hanya akan mengganggu ketenangan masyarakat saja. Pemerintah mesti hadir untuk menjaga, mengamankan dan melindungi masyarakat, bukan malah merusak tatanan masyarakat setempat,” ungkapnya penuh kesal.

Sementara itu, di tempat terpisah, Kepala BTNK Labuan Bajo, Budhy Kurniawan membantah tudingan Andre Garu. Pasalnya itu tidak benar.

Menurut Kurniawan, didalam Taman Nasional Komodo (TNK) terdapat sejumlah permukiman, termasuk Papagarang. Dalam konsep pengelolaan Taman Nasional (TN) dikenal dengan istilah Zonasi. Dan pulau Papagarang sendiri sudah termasuk adalam kawasan TN, tetapi sudah diakomodir dalam zona permukiman.

Namun dalam zona permukiman, lanjut dia, akan diatur mekanismenya, apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Tetapi pada prinsipnya adalah masyarakat yang berada dalam kawasan TN harus benar-benar mendapatkan manfaat dari keberadaan TN tersebut.

Jadi konsep pengelolaan TN terkait kawasan zonasi bahwa masyarakat yang sudah tinggal dalam kawasan itu akan menjadi bagian dalam pengelolaan TN, sehingga peran serta masyarakat dalam kawasan itu menjadi bagian pengelolaan TN secara terpadu, terangnya.