Operasi Padang, Sat Pol PP Sumba Timur Amankan Enam Ekor Ternak

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Operasi padang yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) di Desa Pulupanjang, Kecamatan Nggaha Ori Angu, Kabupaten Sumba Timur berhasil mengamankan enam ekor ternak tanpa dokumen lengkap.

Kepala Satuan Pol PP Sumba Timur melalui Kabid Tibum dan Tranmas, Robinson Landu Praing ketika ditemui di ruang kerjanya Jumat (9/3/2018) mengatakan, setelah tim mengadakan operasi padang di Desa Lukukamaru anggota tim mendapati enam ekor ternak tanpa dokumen.

“Enam ekor ternak itu masing-masing 4 ekor kerbau dan 2 ekor kuda, namun enam ekor ternak itu saat dibawa yang bersangkutan tanpa dokumen kepemilikan ternak KKMT dan BPT,”kata Robi.

Menurutnya, keenam ternak itu kami amankan dengan melalukan penitipan ternak yakni di kantor Sat Pol PP dan salah satu aparat pemerintah Desa, penitipan tersebut jika ada pemilik yang mencari atau kehilangan ternak dapat menghadap langsung dengan membawa surat-surat lengkap.

“Jadi penitipan ini untuk mengamankan saja ternak-ternak itu, bila nanti ada yang mengaku miliknya silahkan datang kekantor dengan membawa kelengkapan surat-surat ternak seperti KKMT dan buku ternak yang ciri-ciri ternak itu sama dengan tanda cap bakar atau hotu yang ada pada ternak,”jelas Robi.

Ia menambahkan, pihaknya terus melakukan operasi padang karna akhir-akhir ini banyak ternak yang keluar tanpa dokumen lengkap, hal tersebut perlu penanganan yang serius sehingga masyarakat tidak dirugikan, pihaknyapun memberikan kesempatan kepada pemilik ternak jika ternaknya hilang agar melakukan koordinasi dengan pihak Sat Pol PP untuk ternaknya dikembalikan.