Peringati Hari Perempuan Sedunia 2018, Dinas P2PA NTT Gelar Aneka Kegiatan

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnline ow.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional ke-109 tahun 2018.

Kepala Dinas PPPA NTT, Erni Usboko sampaikan ini kepada NTTOnline di Kupang, Kamis (8/3/2018).

Menurut Erni, peringatan hari perempuan internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret setiap tahunnya di seluruh dunia. Khusus di NTT, tema yang diusung yaitu “Melawan Stigma Diskriminasi, Radikalisme dan Terorisme yang Berbasis Kekerasan untuk Mewujudkan Perempuan NTT yang Hebat, Kuat dan Berkualitas.”

“Terkait dengan hal ini, gerakan yang kami lakukan adalah memberikan ruang partisipasi bagi perempuan dengan menggelar sejumlah kegiatan yang dimulai sejak tanggal 7 Maret kemarin,” katanya.

Erni menyebut aneka kegiatan tersebut antara lain sosialisasi kepada kaum perempuan tentang bahaya penyakit kanker serviks, kanker payudara dan juga kanker prostat yang biasanya dialami oleh laki-laki.

“Akhir-akhir ini penyakit kanker serviks dan payudara sangat mendera kaum perempuan, karena itu mereka harus dibekali dengan pengetahuan untuk mewaspadai diri dan keturunannya,” sebutnya.

Erni mengatakan, pihaknya juga melakukan sosialisasi kecantikan bagi perempuan. Karena selain cantik dari dalam, kecantikan dari luar juga penting dalam hal yang positif. Selain itu, dalam rangka meningkatkan ekonomi perempuan, pihaknya bekerjasama dengan manajemen air mineral Cleo.

“Di puncak peringatan hari ini, masih dalam memberi perhatian kepada perempuan melalui pemanfaatan air mineral, sekaligus peningkatan ekonomi melalui kerja sama dengan pihak Cleo,” katanya.

Selain itu, lanjut Erni, masih dalam konteks kesehatan, pihaknya melakukan aksi donor darah dengan melibatkan TNI, Polri, OPD di lingkup Pemerintah Provinsi NTT serta sejumlah LSM di daerah itu.

“Jadi selain pemerikasaan kesehatan, juga dilakukan donor darah dan diberikan kesempatan bagi perempuan untuk melakukan pap smear, serta mendapatkan informasi seputar masalah kesehatan perempuan, agar mereka dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan diri maupun keluarga,” ungkapnya.

Dia menyampaikan, masih dalam rangkaian peringatan hari perempuan sedunia, maka besok Jumat (9/3) pihaknya akan melakukan kegiatan Jumat Bersih di lingkungan perkantoran di Jln Basuki Rahmat, Naikolan, Kupang.

“Kemudian akan dilanjutkan dengan sosialisasi hukum terkait dengan pembentukan satuan tugas (Satgas) PPPA di Desa Niukbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang,” katanya.

Masih menurut Erni, pembentukan Satgas itu perlu dilakukan karena banyak sekali perempuan menjadi korban kekerasan dan juga korban perdagangan orang (human trafficking). Karena itu, pihaknya bekerja sama dengan LBH APIK dalam rangka membentuk satgas dimaksud.

“Untuk di Desa Niukbaun ini merupakan tahap yang kedua, karena sebelumnya tahap pertama sudah dilakukan dan membentuk Satgas PPPA di Desa Oelomin, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang,” paparnya.

Selanjutnya pada tanggal 10 Maret 2018, pihaknya akan menggunakan momen car free day untuk jalan santai bersama, sambil menyebarkan pesan-pesan moral dan informasi-informasi terbaik mengenai perempuan.

“Seperti memberikan imbauan kepada wanita agar perempuan dapat bersekolah dan mengenyam pendidikan dengan baik, sehingga mereka tidak terkontaminasi dengan informasi-informasi yang menyesatkan, dan lebih dapat melakukan pengembangan diri,” tandasnya.

Erni berperan kepada kaum perempuan NTT, bahwa perempuan adalah ibu yang pertama dan utama, karena ditangan perempuanlah generasi atau pemimpin yang akan datang dibentuk, baik moral, spiritual, intelektual dan keterampilan.

“Karena itu, mulailah dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat, dan teruslah menjadi pohon kehidupan yang mengalirkan air-air kehidupan yang menyejukkan dan membangkitkan gairah bagi anak-anak bangsa khususnya di NTT,” pesannya.

Selamat Hari Perempuan Internasional !
Happy International Women’s day !