Danrem 161 Wira Sakti Tinjau Pos Sektor Barat Perbatasan RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E.,M.M., selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) Pengamanan Perbatasan RI-RDTL melaksanakan kunjungan kerja dan peninjauan ke Tiga Pos Perbatasan RI-RDTL Sektor Barat, dan selaku Komandan Satuan Komando Kewilayahan (Dansatkowil) melaksanakan kunjungan kerja ke dua koramil jajaran Kodim 1604/Kupang, serta mengunjungi Pos Satgas ter Kodim 1604 /Kupang di wilayah Kecamatan Oepoli Kabupaten Kupang, Kamis (08/03/2018).

Dalam kunjungan yang didamping Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 161 PD IX Udayana, Kasi Ter, Dandim 1604/Kupang beserta ibu dan Pimpinan Bank Indonesia NTT, Tigor Sinaga.

Danrem mengawali kunjungannya ke Pos Oepoli Tengah, Ke Oepoli Pantai, Oepoli Sungai, lanjut ke Pos Satgas Ter Dim 1604, Koramil 1604-05/Naikliu dan berakhir di Koramil 1604-07/Amarasi.

Adapun tujuan kunjungan tersebut adalah untuk mengetahui kondisi terkini dari Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat dan Satuan Komando Kewilayahan jajaran Kodim 1604/Kupang.

Di setiap pos yang dikunjungi Danrem secara langsung melihat kondisi pos dan melaksanakan interaksi dengan prajurit.

Di ketiga pos yang dikunjungi, Danrem memberikan arahan kepada para prajurit dan menyampaikan terima kasihnya sebab sampai saat ini Satgas dapat melaksanakan tugas dengan baik dan aman.

Kemudian Danrem menekankan untuk memelihara situasi kondusif jelang pemilu dan Pemilukada,dengan tetap menjaga Netralitas TNI, mampu Bersinergi dengan seluruh komponen masyarakat, cerdas dan bijaksana dalam penggunaan media sosial, mampu bina dan sejahterakan keluarga, serta memperhatikan pendidikan anak anak, juga jangan menimbulkan permasalahan yang tidak perlu yang dapat merugikan diri sendiri dan nama baik satuan.

Sedangkan di Koramil 1604-05/Naikliu dan Koramil 1604-07/Amarasi, Danrem 161 /Wira Sakti melaksanakan Tatap muka dengan elemen masyarakat sekaligus pengarahan kepada anggota.

Kepada anggota, selain penekanan seperti pos sektor barat, Danrem 161/Wira Sakti juga menambahkan penekanan, agar dalam berinteraksi dengan masyarakat selalu menghormati adat istiadat dan kearifan lokal setempat serta bantu kesulitan yang dihadapi masyarakat.

“Hormati adat istiadat dan kearifan lokal masyarakat serta berdayakan dan bantu kesulitan masyarakat”, pinta Danrem.

Danrem juga berpesan agar tetap menjaga kekompakkan dan soliditas, sehinga dapat memberikan kesan yang terbaik kepada masyarakat dan tentunya sebagai Prajurit TNI AD yang pada saat ini diberikan tugas dan amanah menjaga kedaulatan wilayah NKRI.

Dalam Tatap muka dengan aparat pemerintah, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat, Danrem 161/Wira Sakti berpesan tentang pentingnya menjaga stabilitas wilayah dan selalu waspada terhadap ancaman yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa melalui media sosial, apalagi di tahun politik ini.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 161/Wira Sakti beserta rombongan juga meninjau Pos Satgas ter Kodim 1604/Kupang dan Sasaran Ops Ster TNI Tahun 2018 berupa Pembanguan Los Pasar Rakyat dan Fasilitas ibadah di desa Netamanu Utara Kec Oepoli Kab Kupang.

Kehadiran Danrem dan rombongan di tiga Pos Satgas Pamtas RI RDTL pada kunjungan kerja kali ini disambut oleh Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 715 /Matuliato.

Sedangkan di Koramil 1604-05/Naikliu dan Koramil 1604-07/Amarasi disambut aparat pemerintah, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat (penrem161ws )