Demi Kenyamanan, Satlantas Polres Belu Tertibkan Lalu Lintas

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dalam rangka menciptakan kenyamanan, keselamatan serta mencegah kecelakaan bagi para pengguna jalan raya, Satuan Lantas (Satlantas) Polres Belu melakukan penertiban lalu lintas.

Demikian disampaikan Kapolres Belu melalui Kasat Lantas, AKP Arman Sitorus kepada media, Senin (5/3/2018) pagi.

Menurut dia, kegiatan tersebut juga dalam rangka menindaklanjuti Action Plan Kapolres Belu ( Rencana Aksi Kapolres Belu) terkait Polisi Patroli dan Pengatura di jalan raya di wilayah Belu dan Malaka.

Jelas Arman, langkah nyata pelaksanakan pengaturan lalu lintas di fokuskan pada sejumalah perempatan jalan, pertigaan jalan, pasar, sekolah baik di pagi maupun siang hari oleh anggota Satlantas di Belu dan Malaka, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Selain itu, menurut Arman penertiban lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran yang dilakukan pengendara kendaraan. Kecelakaan biasanya terjadi awal dari perbuatan melanggar aturan.

“Kita rutin lakukan penertiban lalu lintas setiap pagi dan siang. Biasanya ada pengedara pemula dan sering tidak tertib lalu lintas. Terlebih disaat ramainya jam para pelajar pergi dan pulang sekolah, karena ada anak-anak yang belum cukup usia mengendarai motor,” ujar dia.

Sementara itu lanjut Arman, di sore hari melaksanakan patroli dan penindakan hukum serta peneguran terhadap pengemudi kendaraan yang mengemudikan kendaraan tidak gunakan helm serta knalpot racing.

“Sore hari sampai malam kita rutin patroli karena ada pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas secara kasat mata tidak pakai helm dan knalpot racing. Pelaksanaan kegiataan penertiban lalu lintas ini akan mewujudkan kamseltibcarlantas,” pungkas Arman.