Kontraktor Siap Perbaiki Kerusakan Puskesmas Nualain

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – PT Putra Cahaya Murni (PCM) bertanggungjawab dan siap mengerjakan kerusakan yang terjadi pada bangunan gedung pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Nualain yang nyaris rubuh.

“Intinya, saya siap perbaiki, tapi setelah habis hujan, karena cuaca saat ini belum bisa,” kata Fabianus S. Lay ketika dikonfirmasi media, Kamis (1/3/2018).

Namun demikian, jelas dia untuk mengerjaan ulang kerusakan gedung tersebut dirinya butuh perencanaan dari pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Konsultan Perencanaan.

“Harus ada perencanaan dari tim teknis dan saya butuh perencanaan itu,” ujar Febi sapaan akrab kontraktor itu.

Menurut Fabianus, tanah dimana lokasi Puskesmas Nualain sangat labil. Kerusakan gedung hanya pada bagian sebelah kiri. Selain itu juga kerusakan pada plafon dan Almanium Composite Panel (ACP).

Akui dia, sebagai pemula kualitas bangunannya bagus. Hanya gedung bagian kiri tanahnya yang turun, sementara fondasi masih gantung, itu karena slof bagus sehingga tidak turun.

“Kerusakan bukan karena salah konstruksi, tetapi kerena alam. Tanah bergeser sehingga fondasi bangunan juga ikut bergeser. Semua kontruksi pengaruh sampai ke pagar ikut turun karena memang tanah labil,” sebut Febi.

Dikatakan, ada tiga ruangan yang bergeser yakni, ruang UGD, persalinan dan gudang. Namun gedung tersebut masih dalam masa pemeliharaan sampai dengan 22 Mei mendatang.

“Pengerjaan selesai 22 Desember lalu langsung PHO. Sisa uang masih lima persen untuk pemeliharaan. Saya siap rugi saja, kalau tidak ada kebijakan dari Pemerintah,” pungkas Febi.