Satlantas Polres Belu Gencar Sosialisasi Tertib Berlalu-Lintas

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua,NTTOnlinenow.com-Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Belu gencar melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas kepada warga di wilayah Belu dan Malaka, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste.

Hal itu sangat penting dilakukan guna meningkatkan kesadaran para pengemudi dalam berkendaraan demi keselamatan. Selain itu juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Demikian Kapolres Belu melalui Kasat Lantas Polres Belu, AKP Harman Sitorus ketika dihubungi media, Rabu (21/2/2018).

Menurut dia, dalam menekan upaya lakalantas pihaknya melakukan sejumlah upaya yang baik sifatnya prefentif maupun penindakan atau penegakan hukum.

“Prefentif kita lakukan Diklas setiap Senin jadi pemimpin upaca di sekolah, sosialisasi tertib berlalulintas di komunitas- komunitas,” ujar Harman.

Kemudian lanjut dia, melakukan peneguran kepada para pengemudi kendaraan yang lalukan pelanggaran lalu lintas. Sedangkan penegakan hukum melakukan tilang. “Kita harap warga tidak bosan dengan sosialisasi agar sadar dalam berlalu lintas,” kata Harman.

Ketika disinggung soal kasus kecelakaan jelas Harman, sesuai data anev kemarin untuk nuoan Desember tahun lalu terdapat 13 kasus, sedangkan Januari 2017 8 kasus. Sehingga terjadi penurunan kecalakaan tahun ini dan tahun kemarin.

“Jumlah kasus yang meninggal di Desember ada 10 lakalantas, sementara 5 meninggal di Januari tahun ini. Luka berat di Desember ada 15, di Januari tiga sementara luka ringan di Desember ada 22 dan bulan Januari ada 11 orang,” urai dia.

Masih menurut dia, tingkat kecelakaan di Belu dan Malaka didominasi roda dua. Sebab kebiasaan dalam mengemudi tidak tertib berlalu lintas. Faktor lainnya dimana kebiasaan pengemudi tidak gunakan helm, juga pengaruh minuman keras.

“Kondisi saat ini kesadaran pengemudi berlalu lintas di wilayah Belu-Malaka semakin baik. Kesadaran makin tinggi, dan dengan jumlah angka ini akan berarti bagi pengemudi sehingga tertib lalu lintas,” pungkas Harman.