Aksi 1000 Lilin Relawan Dasa Rai Belu Buat Adelina Sau

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Relawan Dasa Rai Belu menggelar aksi 1.000 lilin untuk Adelina Sau, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang meninggal dunia di Malaysia usai disiksa majikannya.

Pantauan NTTOnlinenow.com, Selasa malam (20/2/2018) aksi sebagai ungkapam solidaritas terhadap TKW Adelina berlangsung di lapangan umum Atambua, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL.

Aksi spontanitas dengan menyalakan 1.000 lilin untuk TKI Adelina dimulai sekitar pukul 19.30 Wita. Satu persatu relawan Dasa Rai Belu membakar lilin.

Selain itu pesan, relawan juga menyampaikan pesan yang dituangkan dalam tulisan, relawan mengecam pembunuhan Adelina dan stop kekerasan terhadap TKI.

“Kami melakukan aksi spontanitas sebagai bentuk solidaritas terhadap TKW Adelina Sau yang meninggal di Malaysia beberapa waktu lalu,” ujar Ketua Relawan Dasa Rai Belu, Reynold Fanggidae.

Selain itu jelas dia, relawan juga membuat pernyataan sikap yang mana meminta kepada Pemerintah RI untuk memberikan perlindungan hukum dan keamanan bagi TKI/TKW yang bekerja di luar negeri

“Hal itu penting, sehingga tidak terjadi atau terulang lagi kasus yang serupa,” ujar dia.

Meminta Pemerintah RI untuk mengawal proses hukum terhadap pelaku Adelina Sau serta relawan Dasa Rai Belu mengecam tindakan penganiayaan dan pembunuhan korban Adelina Sau.

“Kami juga meminta Pemerintah Kabupaten Belu untuk melakukan moratorium perekrutan dan pengiriman TKI/TKW ke luar negeri, sehingga tidak terjadi kasus yang sama,” tandas Reynold.