Peduli Warga, Babinsa Koramil Weluli Bantu Warga Ambil Air Bersih

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Bantu atasi warga yang kesulitan air bersih lantaran jarak sumber mata air yang jauh, anggota TNI satuan Kodim 1605/Belu membantu warga mengambil air bersih guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Seperti yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1605-03/Weluli, Kopda Nelson Kamlasi, Selasa (13/2/2018). Prajurit Kodim yang bertugas di Pos Satgas Teritorial Lakus membantu warga Kewar mengambil air di sumber mata air.

Warga Desa binaan Babinsa di Kecamatan Lamaknen wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan distric Bobonaro-Timor Leste selama ini bergantung pada sumber mata air Ilmok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Meski jarak sumber mata air yang cukup jauh dari pemukiman warga, namun jarak itu tidak mematahkan semangat prajurit TNI yang mengabdi di garis tapal batas negara untuk membantu warga yang kesulitan air bersih.

Hal itu dilakukan Kopda Nelson sebagai wujud kepedulian TNI terhadap warga di tapal batas negara. Kadang menggunakan kendaraan operasional sepeda motor atau alat transportasi lokal Kuda untuk mengangkut jerigen yang berisi air.

Meski demikian, prajurit TNI berpangkat Kopral Dua (Kopda) Kodim Belu ini tidak pernah bosan membantu warga Desa binaannya sejak bertugas di wilayah tersebut. Baginya rakyat merupakam keluarga TNI, bersama rakyat TNI kuat, dan itu tidak terlepas dari filosofih TNI berasal dari rakyat.

Hal itu dilakukan mengingat mengingat pada setiap musim kemarau sering terjadi krisis air di beberapa Desa di Kecamatan Lamaknen. Kondisi terkini beberapa sumur warga kering, dan harapan warga satu-satunya yakni memperoleh air bersih dari sumber mata air yang berjarak kurang lebih 2,5 kilo meter.

“Untuk dapatkan air bersih ada sebuah sumber mata air kecil dan untuk menempuh lokasi itu warga sekitar harus menempuh jarak kurang lebih 2,5 kilo meter,” ujar Kopda Nelson.

Menurut warga Desa sekitar, sumber mata air dengan lebar tiga sampai lima meter dan kedalaman setinggi mata kaki itu mata airnya tidak pernah surut meski pun sungai dan sumur dalam keadaan kering pada saat musim kemarau setiap tahun.

Kegiatan Komunikasi sosial (Komsos) yang dilakukan oleh Anggota Babinsa Koramil 1605-03/Weluli merupakan sebagai satu metode pembinaan teritorial. Tujuannya agar terjalin komunikasi dan interkasi yang baik antara Babinsa dan warga Desa binaannya, sehingga diharapkan terwujudnya hubungan emosional yang erat antara TNI dan warga.