Kadis Pendidikan: Persiapan Sekolah Hadapi UN Berjalan Baik

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Filmon Lulupoy mengatakan, dalam menghadapi ujian nasional (UN) tahun 2018, semua sekolah di Kota Kupang, baik tingkat SMP maupun SD sudah siap.

“Saat ini sedang dilakukan pembahasan SKL dan try out pertama, untuk try out pertama hasilnya cukup bagus dan kami berharap try out kedua hasilnya juga baik,” kata Filmon kepada wartawan di balai Kota Kupang, Rabu (14/02/2018).

Dikatakan, untuk tingkat SD dalam pelaksanaan USBN dimulai dari tanggal 3 Mei sampai 9 Mei 2018 nanti. Sedangkan untuk UN tingkat SMP akan dimulai dari tanggal 23 April sampai 26 April 2018 dengan jumlah siswa sebanyak 7.348 siswa.

Untuk itu, lanjut Filmon, diharapkan melalui hasil rembuk nasional dalam pelaksanaan pemetaan UN yakni nilai akreditasi sekolah-sekolah akan menjadi faktor penentu bagi sekolah untuk merancang program pengembangan kedepan. Berikutnya nilai UN, walaupun tidak pakai dalam hitungan kelulusan, tapi akan menjadi pemetaan dalam melihat integritas bagi sekolah-sekolah, agar dapat merancang kelanjutan anak-anak ke pendidikan selanjutnya.

Sementara disinggung soal kesiapan pelaksaan UN berbasis komputer, Ia mengatakan, untuk tahun 2017 sudah terdata sebanyak 14 sekolah yang siap menggelar UN berbasis komputer (online).

“Pelaksanaan ujian berbasis komputer ini persoalan yang dihadapi yakni pada server, namun pada tahun ini ada peningkatan jika dibandingkan tahun 2017 lalu. pada tahun lalu hanya dua sekolah SMP yang menyelanggarakan UN berbasis komputer,” katanya.