Paslon Gubernur NTT Diingatkan Setor Laporan Awal Dana Kampanye

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) yang akan bertarung di Pilgub 2018 diingatkan agar segera memasukan laporan awal dana kampanye sebelum tahapan kampanye dimulai.

“Batas waktu penyerahan laporan dana kampanye pasangan calon pada Rabu 14 Februari 2018 pukul 18.00 Wita,” kata Ketua KPU NTT, Maryanti Luthurmaa Adoe usai Pleno Terbuka Penarikan Nomor Urut Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT di Kupang, Selasa (13/2/2018).

Menurut Maryanti, laporan awal dana kampanye menjadi penting untuk diserahkan kepada KPU agar bisa diketahui kekuatan dana dan sumber dana masing-masing pasangan calon dalam membiayai kampanyenya.

Meski begitu kata Tanti, demikian sapaan Maryanti, regulasi tidak memberi sanksi bagi pasangan calon yang melampaui batas waktu penyampaian laporan data kampanye tersebut. Hal itu, lanjut dia, hanya sekedar imbauan dan bukan sebuah paksaan.

“Tidak ada sanksi yang akan diberikan jika pasangan calon tidak memenuhi hal itu di tenggat waktu yang ada. Ini hanya sebuah himbauan saja,” katanya.

Terhadap waktu kampanye, Tanti menyebut akan dimulai pada Kamis 15 Februari 2018 diawali dengan seremoni dan pernyataan kampanye damai bersama pasangan calon. “Setelah semua pasangan menandatangani deklarasi kampanye damai itu, semua peserta akan berkeliling kota. Kami sudah koordinasikan dengan semua pihak untuk seremoni acara ini,” katanya.

Dia menyebut kampanye akan dilakukan selama 129 hari dengan pola zona. KPU bersama tim pasangan calon telah membagi empat zona kampanye untuk empat pasangan calon kontestan.

Masing-masing calon akan mendapat jatah waktu sama di masing-masing zona. Sementara terkait debat terbuka akan dilakukan tiga kali pada 15 Maret, April dan 23 Juni mendatang. “Untuk stasiun televisi penyelenggara masih dalam proses lelang publik,” katanya.

KPU NTT sebelumnya menetapkan nomor urut pasangan calon peserta pemilihan gubernur Provinsi NTT 2018.

Nomor urut pasangan itu masing-masing pasangan calon gubernur Esthon Foenay-Chris Rotok mendapat nomor urut 1, Pasangan Marianus Sae – Emilia J Nomleni nomor urut 2, Pasangan Benny K Harman – Benny A Litelnoni nomor urut 3, dan Pasangan Viktor B Laiskodat – Joseph Nae Soi nomor urut 4.

Pada Pilgub NTT 2018 ini, Pasangan Esthon Foenay – Christian Rotok diusung Partai Gerindra, PAN dan Partai Perindo, Pasangan Marianus Sae-Emiliana Nomleni diusung PDIP dan PKB, Pasangan Benny K Harman-Bennny Litelnoni diusung Partai Demokrat, PKPI dan PKS dan Pasangan Calon Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi diusung Partai NasDem, Golkar dan Hanura.

 

 

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*