Peringati HPN, SWST Tanam Mangrove

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2018, wartawan yang tergabung dalam Solidaritas Wartawan Sumba Timur (SWST) di Kabupaten Sumba Timur lakukan menanam mangrove di sepanjang pantai Manubara Padadita kota Waingapu.

Aksi menanam mangrove itu dihadiri oleh ketua DPRD Sumba Timur, Asisten Pemerintahan Bidang Kesejahteraan Rakyat, BPJS Sumba Timur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kodim 1601, Polres Sumba Timur, Kelurahan Kamalaputi serta masyarakat setempat.

Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur, Palulu Pabundu Ndima saat ditemui di lokasi penanaman mangrove Jumat (9/2/2018) mengatakan, kegiatan menanam mangrove hari ini yang dilaksanakan oleh wartawan yang tergabung dalam Solidaritas Wartawan Sumba Timur (SWST) kami apresiasi dan berterima kasih karna ini adalah sebuah bentuk kepedulian terhadap keanekaragaman hayati yang kita miliki di Sumba Timur.

“Ini ada kaitannya dengan manajemen bagaimana kita memelihara pembangunan yang berkelanjutan, bila kita bicara kanekaragaman hayati itu dari berbagai ekosistem terbuka yaitu ekosistem mangrove yang kita tanam sekarang,”kata Palulu Ndima.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sumba Timur Domu Warandoi, menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan ini biasanya setiap tahun dilakukan namun pada hari ini kami bersama para wartawan yang tergabung dalam SWST lakukan menanam mangrove.

“Jadi menurut saya ini sangat bagus karna wartawan punya ide untuk bersama kami dalam kegiatan tanam mangrove, jadi bukan saja menulis berita tapi wartawan juga peduli terhadap lingkungan,”ungkapnya.

Lanjut dia, menurut saya bahwa ini paling berkesan jika setiap hari ulang tahun harus ada sesuatu yang dibuat sehingga menjadi warisan generasi kedepan, maka saat ini kita tanam bakau disini suatu peringatan buat kita bahwa orang pers bukan hanya bicara namun melaksanakan agar masyarakat menyadari terhadap lingkungannnya.

“Jadi kami dari pemerintah sangat mendukung langkah teman-teman pers dalam melakukan tanam mangrove dengan tujuan memberikan pendidikan dan contoh kepada masyarakat pentingnya menanam mangrove untuk melestarikan lingkungan disepanjang pantai,”pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*