Bank Indonesia NTT Bekali Penerima Beasiswa

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan pembekalan bagi penerima beasiswa Bank Indonesia yang disebut GenBI, khususnya angkatan 2015, 2016 dan 2017, Selasa (7/2/2018).

Asisten Direktur BI NTT, Muhammad Syahrial mengatakan, Bank Indonesia memiliki komitmen tinggi terhadap pendidikan dan peningkatan kualitas SDM di Indonesia.

Oleh karena itu, BI melalui seluruh Kantor Perwakilan di setiap daerah menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi khususnya dari keluarga prasejahtera.

“Kerja sama ini merupakan bagian dari program Bank Indonesia yaitu ‘Indonesia Cerdas’,” kata Syahrial.

Menurut Syahrial, untuk di NTT, KPw Bl NTT sejak beberapa tahun terakhir secara kontinyu telah bekerjasama dengan Universitas Nusa Cendana (Undana) untuk menyalurkan beasiswa ke 40 mahasiswa/tahun.

Para penerima beasiswa ini disebut dengan Generasi Baru Indonesia (GenBl). Para GenBl ini adalah mahasiswa terpilih yang telah melalui rangkaian seleksi ketat, baik dari internal kampus maupun KPw Bl NTT.

“Para GenBI yang terpilih selain menerima manfaat beasiswa huga diharapkan dapat menjadi duta komunikasi BI untuk turut bisa memberikan edukasi terkait tugas- tugas BI maupun agent of change di tengah- tengah masyarakat untuk dapat menginspirasi orang-orang di sekitarnya dengan kegiatan yang bermanfaat,” katanya.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas GenBl agar lebih siap dalam menghadapi tantangan- tantangan ke depan di masyarakat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber eksternal dengan tema kewirausahaan dan motivasi yakni Ketua DPD REI Provinsi NTT, Bobby Pitoby.

Pada kesempatan itu, Bobby Pitoby berbagi pengalaman hidup tentang bagaimana dia melewati masa sekolah hingga menjadi salah satu tokoh pelaku usaha di NTT seperti saat ini.

“Selain itu, untuk menggugah semangat GenBl NTT secara internal juga mengundang Pemenang GenBl Terbaik NasionaI dari Provinsi Jawa Timur untuk dapat berbagi infomasi tentang kegiatan GenBI di wilayah tersebut,” ujarnya.

Syahriah berharap, melalui kegiatan pelatihan- pelatihan ke depan GenBl NTT mampu menjawab tantangan sebagai duta komunikasi dan agent of change melalui kegiatan- kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat umum di NTT.