Explor Wisata Bawah Laut, Kaka Slank Menyelam di Teluk Gurita Atapupu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dalam rangka mensuport destinasi wisata alam bawah laut Atapupu, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Kaka vocalis group band Slank bersama tim penyelam Jailolo, ISI Solo dan Flobamora diving club menyelam di pelabuhan teluk Gurita, Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Selasa (7/2/2018).

Kegiatan diving yang di lakukan SLANK kerjasama dengan Pemerintah Belu selain pemetaan wilayah laut untuk terumbu karang juga bertujuan meningkatan pariwisata laut sesui program Pemerintah mengembangkan pariwisata.

Spot diving akan dieksplor dan di jadikan destinasi wisata alam bawal laut yang dapat dipromosikan dan bisa mendatangkan wisatawan mancanegara maupun lokal ke daerah Belu yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste.

Sekda Belu, Petrus Bere yang ikut mendampingi tim diving menuturkan, Pemerintah Belu terus memberikan perhatian serius dalam pengembahan pariwisata. Selain wisata alam bawah laut yang memiliki potensi untuk diexplor, tapi juga wisata budaya terus dikembangkan.

Dengan kehadiran Kaka bersama tim diving, mampu mengangkat spot di laut Atambua yang pantas dijadikan destinasi wisata diving yang dapat di jual ke wisawatan asing dan domestik, karena sesuai informasi di laut atapupu terdapat terumbu karang yang bagus.

Lanjut Bere, apabila hasil explor terdapat destinasi yang cocok untuk dijadikan diving, Pemkab Belu akan menyiapkan fasilitas diving sehingga kunjungan wisatawan lebih meningkat yang mana akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Diharapkan, ada hasil penyelaman yang di lakukan oleh Kaka bersama tim. Kegiatan ini idenya Pak Bupati, jika memang ada spot yang bisa dijadikan destinasi maka Pemerintah akan siapkan segala infrastuktur pendukunnya. “Sehingga potensi yang ada dapat dijual dan bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi warga, “ujar dia.

Kaka menuturkan ini kunjungan yang ketiga kali dirinya ke Atambua. Berbeda dengan kunjungan sebelumnya, kali ini melakukan diving melihat alam bawah laut Atapupu. Apabila terdapat spot yang bagus dari diving, maka akan langsung di ekspos sehingga wisatawan yang datang ke Belu tidak saja menikmati pantai, tapi juga keindahan alam bawah laut Atapupu yang indah.

Jelas dia, jika Pemerintah Belu serius mengembangkan wisata alam bawah laut, maka perlu menyiapkan fasilitas diving yang memadai. Selain itu memberikan pelatihan daving bagi masyarakat yang ada di sekitar spot diving sehingga pemerdayaan masyarakat dapat terlaksana.

“Saya kesini ingin mengeksplor alam bawah laut Atapupu. Kalau ditemukan spot yang bagus, maka akan langsung diberinama oleh pak Bupati dan akan dijadikan destinasiwisata. Alam laut yang masi alami dan indah ini tetap dijaga, dipelihara sehinga wisatawan yang datang dapat menikmati indahnya alam pantai Atapupu,” pinta Vocalis group Slank itu.

Turut hadir dalam kegiatan diving tersebut, Kapolres Belu AKBP. Christian Tobing, Dandim 1605/Belu ,Letkol Czi Gusti Putu Dwika,Dansatgas PamTas RI-RDTL Sektor Timur, Mayor Inf Putu Tangkas Wiratawan, Kadis Perikanan Belu, Ehidius Nurak, Personil Band Slank serta aparat Polsek Kakuluk Mesak.