Frans Sarong Mampu Angkat Martabat Manggarai Timur

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Goresan pena tajam selama kurang lebih 32 tahun oleh Frans Sarong selama menjadi jurnalis Kompas mampu mengangkat harkat dan martabat masyarakat Manggarai Timur dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selama itu Frans Sarong mengabdi sungguh dan total untuk menjadi jurnalis terbaik di Media Kompas yang dididik dan diasuh oleh pemilik media itu, Jakob Oetama. Dalam berbagai hasil liputannya selalu mengangkat hal-hal yang dilupakan di seluruh Manggarai Timur dan Nusa Tenggara Timur.

Dia meracik berbagai informasi dari berbagai sudut kampung dan pelosok-pelosok Flores, Manggarai Timur dan NTT dengan apik dan menggugah nurani pembaca di seluruh Indonesia. Orang luar mengenal Manggarai Timur dan NTT lewat tulisan seorang Frans Sarong.

Salah satu cara untuk memperkenalkan potensi sumber daya alam di Manggarai Timur dan NTT lewat publikasi media Kompas bahkan masalah ketertinggalan dan kemiskinan dikemasnya dengan bahasa-bahasa humanis.

Dari sekian banyak tulisannya di Media Kompas, salah satu yang mengangkat Manggarai Timur adalah Kopi Colol. Berkat artikelnya tentang kopi colol, Manggarai Timur mampu meraih prestasi yang gemilang. Kopi colol meraih juara satu dalam festival kopi yang diselenggarakan oleh pegiat kopi Indonesia.

“Pena tajam seorang jurnalis mampu mengangkat prestasi daerah Manggarai Timur yang sebelumnya belum dikenal luas di seluruh Indonesia. Itulah kerja jurnalis yang banyak mendengar suara rakyat dengan berbagai keunggulan-keunggulan daerah Manggarai Timur,” kata Lasarus Santur, Ketua Tim Keluarga Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Manggarai Timur Frans Sarong – Kasmir Don (Sarong – Kasmir), Senin (5/2/2018).

Menurut Santur, seorang jurnalis mengangkat masalah-masalah sosial dan mengangkat potensi daerah Manggarai Timur dengan jujur dipadukan dengan fakta-fakta dan data yang akurat yang dialami rakyat juga potensi sumber daya alam yang mampu membawa perubahan.

Seorang jurnalis, lanjutnya, bekerja diam tetapi penanya mampu menggugah pembaca di seluruh Indonesia dan dunia internasional. Bahkan hasil liputannya dijadikan bahan penelitian dari berbagai Universitas di Indonesia dan luar negeri. Orang luar negeri mengetahui potensi kopi colol berkat tulisan yang diangkat Frans Sarong.

Dia mengakui, Frans Sarong sudah berbuat banyak untuk rakyat Manggarai Timur selama menjadi jurnalis Kompas. Setelah mengabdi dengan total di media Kompas selama kurang lebih 32 tahun, kini di masa pensiunnya maju untuk Manggarai Timur yang lebih baik. Frans Sarong adalah figur tepat untuk membawa perubahan.

“Frans Sarong sudah selesai dengan dirinya. Kini dia sepenuh hati dan total mengabdi untuk Manggarai Timur dengan maju sebagai bakal calon bupati Manggarai Timur. Sebelum Partai Golkar menentukan keputusannya, terlebih dahulu melakukan survei dan mengetahui rekam jejak bakal calon tersebut,” katanya.

Akhirnya Partai Golkar jatuh hati pada figur Frans Sarong yang bersih dan jujur karena rekam jejak serta pengalamannnya sangat luas juga berlatarbelakang seorang jurnalis yang hebat. “Frans Sarong sudah banyak berbuat untuk kemajuan Manggarai Timur dan NTT lewat ketajaman penannya,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Santun, bakal calon wakil bupati Manggarai Timur, Kasmir Don, rekam jejak karier politiknya diakui oleh Partai Gerindra. Partai Gerindra mengakui kehebatan dan pengalaman politik di lembaga legislatif.

Kasmir Don sudah dua periode duduk di lembaga DPRD. Pertama sebagai anggota DPRD di Kabupaten Manggarai sebelum mekar Kabupaten Manggarai Timur. Kedua sebagai anggota DPRD Manggarai Timur saat ini.

“Selama duduk di lembaga itu, Kasmir Don dipercayakan sebagai anggota dan Ketua Komisi B. Komisi ini yang mengelola keuangan daerah. Dia mengetahui benar APBD Manggarai Timur,” ujarnya.

Ketua Tim Pemenangan Sarong-Kasmir, John Nahas mengatakan, Partai Golkar dan Gerindra sudah sepakat mengusung dua figur ini karena kepribadian dan memiliki hati untuk membangun Manggarai Timur lima tahun kedepan.

“Partai Golkar dan Gerindra jatuh hati pada dua figur ini yang memiliki rekam jejak yang bersih dan jujur juga pengalaman karier politik yang ada pada figur ini. Perpaduan antara seorang jurnalis dan anggota DPRD di Manggarai dan Manggarai Timur,” jelasnya.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*