TNI-Polri Gelar Patroli Patok Perbatasan Belu-Timor Leste

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Personil gabungan dari TNI satuan Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 743/PSY, Koramil 1605-07/Wedomu dan Polsek Tasifeto Timur melakukan patroli patok perbatasan wilayah Indonesia dan Timor Leste, Jumat (2/2/2018).

Patroli patok batas berlangsung di wilayah Pos Salore Satgas Yonif 743/PSY Desa Tulakadi, Kecamatan Tastim, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat yang berbatasan langsung dengan kampung Kowa, Distric Bobonaro-Timor Leste.

Turut hadir dalam patroli patok perbatasan Dansatgas Yonif 743/PSY, Mayor Inf.Putu Tangkas Wiratawan, Danramil Wedomu Kapten Inf Alex Bessie, Kapolsek Tastim Iptu Arifin, Danpos Salore Lettu Inf Harsono serta Kepala Desa Tulakadi.

Menurut Dansatgas Yonif 743/PSY Mayor Tangkas, Patroli patok batas merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di seluruh Pos Satgas disepanjang garis perbatasan negara Indonesia.

Tujuan Yang paling utama dari kegiatan patroli patok yakni, untuk mengecek secara langsung kondisi fisik setiap patok batas yang berada di sektor timur yang dimana khusus sektor timur memiliki tanggung jawab 350 patok batas negara.

Patok-patok tersebut harus selalu dijaga dengan kita melaksanakan kegiatan patroli patok terutama dalam musim penghujan ini banyak patok yang kita miliki berada disepanjang aliran sungai yang dimana sewaktu waktu bisa hilang akibat terbawa aliran air sungai yang banjir atapun tertimbun longsoran tanah.

“Selain melaksanakan patroli patok tentu juga kami melalui pos pos yang tersebar di sektor timur melaksanakan patroli keamanan dalam rangka mencegah kegiatan-kegiatan illegal seperti penyelundupan pada titik titik yang dperkirakan rawan dari kegiatan illegal itu,” ujar dia.

Sementara itu Kapolsek Tastim Iptu Arifin menyampaikn, sesuai dengan program dari pimpinan atas untuk Polri bersinergitas dengan TNI dan bentuk sinergitas jalin kerjasama tersebut khususnya di wilayah perbatasan yaitu salah satunya dengan melakukan kegiatan patroli patok batas gabungan.

“Kegiatan patroli patok batas negara sangat penting. Dengan dengan adanya kegiatan ini, ada upaya baik dari TNI Dan Kepolisian secara bersama-sama dapat melakukan tindakan pencegahan penyelundupan baik dari wilayah Timor Leste maupun dari Indonesia sendiri,” ujar dia.