OPD Diminta Segera Rampungkan LPJ

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kupang, Bernadus Benu meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar segera merampungkan laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Keuangan tahun anggaran 2017. Sebab, Hal itu sangat berpengaruh terhadap laporan Kepala Daerah.

Dikatakannya, ada sembilan OPD yang belum memasukan LPJ keuangan tahun anggaran 2017. Sembilan OPD itu terdiri dari dua di bagian Sekretaris Daerah (Setda) dan tujuh OPD umum.

“Waktu terakhir sepuluh Januari, tapi malah sudah lewat sampai hari ini juga belum dimasukan,” Kata Benu di Balai Kota, Senin, (29/1/2018).

Sehubungan dengan batas waktu memasukan LPJ Kepala Daerah, Kata Benu, sudah terlambat dua pekan. Untuk itu, OPD yang belum melaporkan pertanggungjawaban keuangannnya bisa memasukan laporannya ke tim penyusunan LPJ untuk dirangkum oleh tim penyusun LPJ Kepala Daerah.

Benu mengaku, LPJ yang masuk harusnya segera dimasukan karena Sekwan sudah mengagendakan sidang dalam waktu dekat.

Baca juga : Plafon Kantor Gubernur NTT Rontok Diterpa Angin

“Hasil koordinasi, sidang di bulan Maret. Jadi pimpinan OPD harus segera memasukan LPJ,” tegasnya.

Sementara, Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang, Padron Paulus menegaskan bahwa pimpinan OPD yang belum memasukann LPJ perlu diambil tindakan tegas berupa sanksi.

“Perlu berikan tindakan tegas kepada mereka, agar ada efek jerah,” ujarnya.

Padron menambahkann, ciri – ciri Pimpinann OPD yang bandel dan tak mampu adalah mereka yang tidak memasukan LPJ sesuai deadline waktu. “Kalau sudah melewati deadline tapi belum masuk berarti da unsur kesengajaan,” sebutnya.

Ditegaskannnya, pimpinan OPD yang belum memasukan LPJ harusnya didorong untuk segera memasukannya, namun apabila terus dibiarkannya maka tidak perlu ada toleransi.

“Ambil tindakan yang tegas, agar jangan terkesan main-main,” demikian Padron.