Bupati Belu Beri Gelar Warga Kehormatan Pada AKBP Yandri Irsan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dinilai sukses melaksanakan tugas pengabdian di tapal batas sebagai Kapolres Belu, AKBP Yandri Irsan mendapat gelar warga kehormatan dari Bupati Belu Willybrodus Lay.

Penobatan mantan Kapolres Belu itu dilakukan Bupati Lay dalam acara malam pisah sambut Kapolres Belu dari AKBP Yandri Irsan kepada AKBP Christian Tobing di hotel Matahari, Selasa malam kemarin.

AKBP Yandri dan isterinya diundang Bupati Lay ke mimbar guna memberikan sekaligus mengenakan pakaian kebesaran adat Belu. Bupati didampingi ketua tim PKK Belu mengikatkan kain adat (tais), ikat pinggang dari selendang, tas tempat siri khas Belu yang dilapisi uang perak (kakaluk osan), mengalungkan uang perak (belak) dan memakaikan destar (lesu) di kepala.

Bupati Lay menuturkan, penobatan atau pemberian gelar warga kehormatan kepada AKBP Yandri karena telah melaksanakan tugas atau mengabdi di perbatasan Rai Belu dengan baik meski hanya sembilan bulan.

Jelas dia, banyak prestasi yang diukir AKBP Yandri selama menjabat sebagai Kapolres Belu dalam pelayanan kepada masyarakat melalui program Polri. Patut diapresiasi juga yang mana menjadikan Polres Belu masuk peringkat III nasional serta kegiatan lain yang telah mengangkat nama Belu.

“Ini penobatan sebagai warga kehormatan Belu. Ama Nai ini bukan raja tapi bentuk penghargaan selama sembilan bulan bertugas di perbatasan, AKBP Yandri telah bekerjasama dengan pemerintah daerah Belu secara baik,” terang dia.

Lay meminta meski AKBP Yandri tidak lagi bertugas di Belu, tapi jangan sampai melupakan rai Belu dimana pun bertugas karena telah menjadi warga Belu.

Baca juga : Wabup Belu ; Pejabat Esalon III Yang Dilantik Harus Kerja Jujur dan Bertanggungjawab

Kesempatan itu Lay juga mengucapkan selamat datang kepada dan selamat bekerja kepada AKBP Christian Tobing di Kabupaten Belu wilayah perbatasan Indonesia dengan Timor Leste.

Sementara itu AKBP Yanri Irsan mengatakan, dirinya belum bisa melakukan banyak hal untuk daerah Belu. Tapi apa yang telah dilakukan selama ini bukan semata-mata hasil kerja keras Polisi, tetapi berkat dukungan seluruh elemen masyarakat baik itu rekan TNI, Forkompinda, tokoh agama, tokoh masyarakat juga warga.

“Polres Belu membawahi dua wilayah hukum Kabupaten Belu dan Malaka. Merupakan Polres terdepan di beranda NKRI dan menjadi etalase negara, sehingga diharapkan kedepan harus lebih baik dari Polres lainnya,” pinta Yandri.

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing menyampaikan, prestasi yang telah dilakukan pejabat lama akan dilanjutkan dan berusaha semampu kami untuk lebih meningkatkan kinerja bagaimana pelayanan terhadap masyarakat, menjadi pelindung pengayom dan bersinergi dan instansi terkait di Belu dan Malaka.

Nanti dalam melaksanakan tugas perlu adanya sinergitas dengan seluruh unsur elemen, Pemkab, Forkopimda dan rekan TNI di batas dan tentunya dapat secara bersama-sama bagaimana membangun Kabupaten Belu Malaka sama-sama lebih baik kedepan

“Kedepan kita dapat saling berkomunikasi dan bisa sama-sama membangun daerah Belu dan Malaka. Kalau memang ada hal-hal yang disampaikan silakan, kami terbuka dan siap melayani masyarakat di Belu dan Malaka,” pungkas Tobing.