Walikota Kritisi Kadis Kebersihan

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Penanganan sampah di Kota Kupang oleh dinas kebersihan, mendapat apresiasi dari Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore, sebab penanganannya dilakukan secara baik oleh dinas terkait, melalui kerja keras. Hanya saja, walikota juga mengkritisi kadis yang selalu turut bekerja di lapangan.

“Seharusnya para staf saja yang dibiarkan bekerja, sedangkan kadis jangan ikut terlibat, karena tugas kadis bukan saja bekerja dilapangan. Tapi Saya senang cara kerja dinas Kebersihan dalam menangani sampah,” kata Jefri Riwu Kore kepada wartawan usai membuka kegiatan sosialisasi Bansos Rastra 2018 di Hotel On The Rock Kupang, Rabu (24/1/2018).

Menurut Jefri, seorang kadis harus membagikan tugas dan tanggungjawab kepada para petugas untuk dapat menangani sampah pada titik yang ada, bukan kadis harus turun ke lokasi dan ikut kerja membersihkan sampah yang ada.

Untuk Penanganan sampah di Kota Kupang, harus terjadwal dengan baik. Dan para petugas harus dibagi, agar penanganannya dilakukan secara menyeluruh. Kalau ada sampah yang menumpuk, jangan semua petugas diarahkan kesana untuk membersihkan, tapi semua terjadwal dengan diatur pembagian tugas dan tanggungjawab secara baik, tinggal kadis melakukan pengontrolan.

“Kalau pembagian tugas dan tanggungjawab dilakukan secara baik, dan jika pada titik yang sudah menjadi tanggungjawab orang yang dipercayakan tidak dilaksanakan secara baik dan ada laporan masuk maka orang tersebut di diberhentikan saja,” tegas Jefri.

Jefri mengaku, untuk menciptakan kota yang lebih bersih, pemerintah dan DPRD akan merevisi perda tentang sampah. Dalam perda tersebut nantinya akan mengatur soal sanksi bagi warga yang kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya.

Menurutnya, seiring berkembang pesatnya Kota Kupang, masalah sampah harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah, sehingga sudah saatnya pemerintah harus membuat aturan yang tegas soal penanganan sampah, agar masyarakat juga memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya.