Longsor, Jalan Ikan Foti Kabupaten Kupang Nyaris Putus

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Akibat hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Kupang hampir dua pekan terakhir, mengakibatkan Jalan Ikan Foti ambrol dan nyaris putus. Ambrolnya jalan karena longsor tersebut diduga terjadi pada Minggu (21/1/2018) dini hari.

Lokasi titik longsor tersebut berada di wilayah Desa Oben, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang. Jalan Ikan Foti merupakan satu-satunya akses jalan yang menghubungkan wilayah Kabupaten Kupang dengan Kota Kupang.

Pentauan NTTOnlinenow.com di lokasi, Minggu (21/1/2018) siang, badan jalan beraspal nyaris putus. Diperkirakan hanya menyisakan sekitar dua meter yang bisa digunakan untuk arus lalu lintas.

Pengguna jalan baik dari arah Kota Kupang, maupun dari Amarasi Barat, Kabupaten Kupang yang melintas menggunakan kendaraan roda dua dan empat, tidak leluasa melewatinya.

Baca juga : Pangdam IX/Udayana Tatap Muka Dengan Forkopimda, Toga, Tomas NTT

Lubang longsor pun terlihat cukup luas, dan aspal yang berada di badan jalan ikut ambrol. Sementara itu, di sekitaran tepi lubang terlihat hanya dipasangi dedaunan dan ranting pohon seadanya, sebagai tanda agar pelintas berhati-hati.

Jalan Ikan Foti sepanjang kurang lebih 3 kilometer (km) ini merupakan daerah rawan longsor ketika musim penghujan tiba. Sejumlah titik longsor pada jalur ini sudah terjadi beberapa tahun sebelumnya, namun hingga kini belum ada perbaikan.

Hasil penelusuran di sepanjang jalan tersebut, terdapat sebanyak 7 titik longsor berukuran besar. Lima diantaranya sudah terjadi beberapa waktu lalu, dan 2 lainnya diperkirakan baru terjadi pada Minggu pagi.