Lebu Raya: NTT Maju secara Fisik dan Non-Fisik

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Lebu Raya menyatakan, daerah yang dipimpinnya 10 tahun terakhir itu mengalami kemajuan, baik secara fisik maupun non-fisik.

Gubernur Lebu Raya sampaikan ini pada syukuran perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 ASN lingkup Pemprov NTT, Jumat (19/1/2018).

Menurut Lebu Raya, jika ditinjau dari sisi persentase kemiskinan di NTT terus menurun, pertumbuhan ekonomi menguat, pendapatan asli daerah (PAD) meningkat, juga APBD NTT terus bertambah setiap tahun.

Dia meyakini, pembangunan infrastruktur yang talah dilaksanakan akan tetap berlanjut. Ada mimpi yang terealisir dan ada mimpi telah diwujudkan. “Saya dan pak Wakil Gubernur (Wagub) Benny Litelnoni, menyampaikan terima kasih atas semua dukungan selama ini,” ujarnya.

Lebu Raya menjelaskan, posisi persentase kemiskinan sejak menjadi Gubernur NTT pada 2008 lalu sebesar 27,58 persen. Pada tahun 2013 menurun hingga 19,50 persen atau kemiskinan berkurang sebesar 6,08 persen. Kemudian persentase melambung hingga 22,85 persen (2014) akibat adanya dampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) waktu itu.

Baca juga : Aparatur Sipil Negara Diminta Optimis Bangun NTT

Untuk perkembangan tingkat inflasi di NTT hanya 2 persen, lebih rendah dari nasional 3,7 persen. Pertumbuhan ekonomi selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2014 terus menguat sebesar 5,18 persen, berada di atas pertumbuhan secara nasional 5,02 persen.

Termasuk PAD pada tahun 2008, sebesar Rp. 400 miliar dan saat ini PAD NTT tembus Rp. 1 triliun, seiring dengan meningkatnya APBD NTT setiap tahun anggaran. Posisi APBD NTT tahun anggaran 2018, sebesar Rp. 4,7 triliun.

Lebu Raya menyatakan, capaian dan kemajuan pembangunan di provinsi NTT, tak terlepas dari adanya dukungan seluruh masyarakat dengan menciptakan kondisi yang aman dan damai sehingga pembangunan dapat berjalan lancar.

“Saya minta supaya lanjutkan perjuangan dan kerja keras bangun daerah ini. Abaikan orang yang berpikiran negatif dan jalankan terus pekerjaan membangun NTT. Saya dan pak Wagub akan tetap menjalankan amanah rakyat NTT hingga Juli 2018,” tandas Lebu Raya.