Purna Tugas, Letkol Elvino Dinobatkan Bupati Lay Sebagai Ama Nai Rai Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pejabat lama Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 712/Wiratama, Letkol Inf Elvino Yudha Kurniawan dinobatkan sebagai Ama Nai Rai Belu oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay, Rabu (17/1/2018).

Penobatan tersebut ditandai dengan pemberian sekaligus pengenaan kain tenun adat Belu serta perlengkapan aksesoris adat oleh Bupati Lay kepada Letkol Elvino pada acara pisah sambut Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 712/WT di Mako Satgas, Umanen, Kecamatan Atambua Barat.

Nampak mantan Dansatgas Letkol Elvino sesekali meneteskan air mata karena merasa terharu dengan penghargaan sebagai Nai Rai Belu yang diberikan warga Belu melalui orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Belu kepada dirinya.

Setelah saling memberikan salaman bersalaman satu sama lain, Bupati Lay juga memberikan tropi atau piala penghargaan kepada Batalyon asal Kota Manado. Tidak saja itu piagam penghargaan diberikan juga bagi seluruh Danpos Yonif Raider 712/WT atas pengabdiannya kurang lebih sembilan bulan menjaga keutuhan NKRI di tapal batas Belu dan Negara Timor Leste.

“Penobatan Dansatgas lama Yonif Raider 712/WT sebagai Nai Rai Belu ini atas permintaan warga. Sebab Satgas yang dipimpin Letkol Elvino selama ini selain melaksanakan tugas dengan baik, juga melayani warga Belu dengan hati yang ikhlas,” ujar Lay.

Baca juga : Kenangan Penugasan, Satgas Yonif Raider 712/WT Bangun Monumen 4 Pilar Kebangsaan

Jelas dia, Ama Nai mempunyai makna persahabatan, persudaraan dan kekeluargaan yang kuat. Dimana selama sembilan bulan mengabdi di tapal batas Rai Belu, telah banyak membantu warga wilayah perbatasan melalui program-program kemanusiaannya.

“Bekerja dengan hati sehingga selama ini apa yang dilakukan dengan tulus dan ikhlas dirasakan oleh warga perbatasan Belu sesuai motto satuan melayani dengan hati,” terang Lay.

Sementara itu Danyon Yonif Raider 712/WT Letkol Inf Elvino memberikan cinderamata kepada Pemkab Belu yang diterima oleh Bupati Lay berupa piagam penghargaan serta souvernir khas satuan tersebut. Selain itu diberikan juga tanda berupa atribut TNI (jaket Kopasus) kepada Bupati Lay sebagai tanda ikatakan persahabatan dan persaudaraan.

Diberitakan sebelumnya, Yonif Raider 712/WT digantikan satuan Yonif 743/PSY sebagai Satgas Pamtas RI-RDTL dalam melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan wilayah sektor timur antara Kabupaten Belu, Timor Barat dengan negara tetangga Timor Leste selama sembilan bulan kedepan.