Mahasiswa NTT Pilih Kuliah di Unikama Malang, Kampus Multikultural

Malang, NTTOnlinenow.com – Jika medio 1992-1996, jumlah mahasiswa asal wilayah propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di kampus IKIP PGRI Malang hanya sekitar belasan orang, sejak 10 tahun silam jumlah mahasiswa asal NTT membludak melampaui 1,000. Keputusan pemangku kepentingan mengalih status IKIP ke Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menjadi titik balik sekaligus sebuah milestone.

Ali Ismail, Kabag Kerjasama Unikama, mengatakan sebagai kampus multikultural, Unikama Malang menampung separuh dari total mahasiswa dari luar pulau Jawa, dimana mahasiswa NTT terbanyak, menyusul Kalimantan, Maluku, dan Papua. “Jumlah mahasiswa kita saat ini sekitar 9,000 sampai 10,000.” Saat masih IKIP PGRI, jumlah siswa hanya mencapai sekitar 3,000.

Andryanto Galus Djago, mahasiswa S2 Unikama Malang asal NTT, mengatakan jumlah mahasiswa NTT di kampus Unikama Malang saat ini sudah melampaui 1,000 orang.

“Sebagai kampus dan lembaga perguruan tinggi multi kultur, Unikama fokus mempertahankan prinsip kesetaraan (equal treatment) dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dalam setiap kegiatan di kampus, baik kegiatan perkulihan (akademik) juga kegiatan kemahasiswaan (non akademik),” ujar Selamet Riyadi, salah satu elit di yayasan PPLP PT PGRI yang juga dosen di Unimaka Malang saat diwawancara belum lama ini.

Ali Ismail menambahkan, Unikama Malang juga membangun kerja sama (pertukaran mahasiswa dan penelitian) dengan universitas Katolik di Korea Selatan (Catholic University of Daegu), juga National University of Laos (NuoL), universitas ternama di kawasan Asia Tenggara.

Sementara itu, Slamet menegaskan, Unikama saat ini berada pada situasi dan kondisi yang baik, tercermin pada harmonisasi kampus, kualitas SDM yang terus meningkat, infrastuktur yang memadai, program yang berkualitas, dan terwujudnya tata kelola yang akuntabel.

“Unikama terus berbenah dan mengembangkan diri menuju Perguruan Tinggi Unggulan pada 2025,” paparnya. Unikama Malang saat ini termasuk universitas terkemuka di kota Malang, Jawa Timur, bersaing dalam mutu dengan Universitas Muhammadyah dan Universitas Islam Malang (Unisma).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*