Cegah DBD di Musim Hujan, Dinkes Kota Lakukan Fogging di 13 Kelurahan

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Upaya pencegahan penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) pada musim hujan saat ini dengan intensitas yang sangat tinggi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, saat ini tengah melakukan fogging di 13 lokasi yang berpontensi terjadinya DBD.

“Foging yang kami lakukan ini di lokasi yang rawan penyebaran DBD sudah dilakukan sejak bulan Desember, apalagi saat ini tengah musim hujan sehinga banyak ditemukan genangan air yang dijadikan tempat bersarangnya dan bertelurnya nyamuk,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr.Ary Wijana kepada wartawan di kantornya, Kamis (11/1/2018).

Menurutnya, lokasi yang di fogging yakni Kelurahan Oebobo, Oesapa, Sikumana, Kelapa lima, Fatululi, Kolhua, Pasir panjang, Liliba, Oepura, Naikolan, Tode kisar, Oeba dan Kelurahan Bakunase.

“Selain fogging, upaya pencegahan DBD ini kami juga terus melakukan himbauan kepada masyarakat melalui layanan kesehatan yang ada guna selalu waspada dan menjaga lingkungan saat musim hujan,” kata Ari.

Selain itu, tambah Ary upaya yang lebih efektif dalam membrantas DBD ini, adalah dengan melakukan gotong royong pembrantasan sarang nyamuk (PNS) melalui 3 M menguras, menutup dan mengubur.

Terpisah, Anggota Komisi IV DPRD Kota Kupang mengaku senang dengan respon dari Dinas kesehatan Kota Kupang yang cepat melakukan foging di tempat-tempat rawan DBD. Menurutnya, kegiatan seperti ini harus dilakukan terus menerus agar Wabah DBD bisa ditekan, karena pada tahun lalu ada tiga korban jiwa akibat DBD.