Bawaslu Belum Temukan Dugaan Pelanggaran di Pilgub NTT

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Sejumlah tahapan pada Pemilu gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) 2018 telah dilaksanakan. Sejauh ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT belum menemukan adanya dugaan pelanggan serius yang berpotensi mengganggu tahapan ke depan.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu NTT, Jemris Fointuna sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Rabu (10/1/2018).

Menurut Jemris, sampai dengan hari terakhir masa pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara NTT, terdapat empat pasangan bakal calon (balon) yang sudah mendaftar di KPU Provinsi NTT dan di ikuti dengan pemeriksaan kesehatan, psikotes dan narkotika sampai dengan tanggal (15/1/2018).

Baca juga : Di Bawah Guyuran Hujan Lebat, Victor Josep Berjalan Kaki Mendaftar di KPU NTT

“Selanjutnya KPU Provinsi NTT akan melakukan penelitian syarat calon sampai dengan tanggal 16 Januari 2018,” ungkap Jemris.

Bawaslu berharap agar proses penelitian syarat calon dilakukan secara cermat sesuai prosedur, tata cara dan mekanisme yang diatur dlm ketentuan perundang-undangan.

Jemris menyatakan, Bawaslu NTT mengawasi secara melekat setiap tahapan dengan maksud untuk mencegah terjadinya potensi pelanggaran yang dikuatirkan dapat mengganggu tahapan pilkada.

“Sampai dengan saat ini hasil pengawasan yangg dilakukan Bawaslu NTT belum menemukan adanya dugaan pelanggaran serius yang berpotensi mengganggu tahapan ke depan,” tukas Jemris.