Cuaca Tak Menentu Nelayan Waingapu Enggan Melaut

Bagikan Artikel ini

Laporan Muhammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Cuaca tak menentu disertai hujan dan angin dalam pekan ini membuat para nelayan kota Waingapu enggan turun ke laut, hujan dan angin menjadi faktor penyebabnya tingginya gelombang laut sehingga beberapa nelayan tidak melaut. Hal itu dikatakan Mustakim nelayan kota Waingapu kepada NTTOnlinenow.com, Selasa (26/12/2017).

Menurutnya, beberapa hari ini hujan dengan intensitas tinggi disertai angin berpotensi gelombang laut, namun cuaca tak menentu kadang normal kadang tidak bersahabat menjadikan para nelayan berhati-hati melaut.

“Untuk sementara nelayan belum rutin melaut karna cuaca tidak menentu, biasanya setiap hari nelayan itu melaut,”kata Mustakim.

Senada dengan Abdul Salam nelayan asal bugis, cuaca yang tidak menentu para nelayanpun enggan melaut, bahkan ada nelayan yang sudah di ditengah laut tapi balik kembali karna cuaca yang tidak bersahabat.

Baca juga : Panwaslu Sumba Timur Gelar Rakor Bersama Ormas Pemuda

“Jadi cuaca ini tidak menentu kadang normal kadang angin mendadak keluar, tapi kita terus waspada kalau cuaca datang tiba-tiba kita harus balik ke daratan,”tuturnya.

Lanjut dia, kondisi ini menyebabkan sebagian nelayan tidak melaut, terlihat perahu-perahu nelayan sedang berlabuh di dermaga Waingapu, namun dengan kurangnya nelayan melaut berimbas pada harga ikan yang sangat mahal dari harga Rp.50.000 hingga Rp.100.000.

“Yah,, harga ikan itu sudah pas, tidak bisa ditawar lagi soalnya susah dapat ikan musim begini,” pungkasnya