Satgas Yonif 742/SWY Berbagi Kasih Dengan Warga Perbatasan Kobalima-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Betun, NTTOnlinenow.com – Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Sektor Barat Yonif 741/SWY berbagi kasih dengan warga di perbatasan Kobalima Timur dengan distric Kovalima-Timor Leste melalui kegiatan bhakti sosial (baksos).

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Infanteri dan Juang Kartika terpusat di halaman SDN Metamauk, Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Selasa (19/12/2017).

Adapun bentuk kegiatan Bhakti berupa pengobatan massal, pasar murah serta pembagian hadiah berupa tropi pertandingan bola voley Dansatgas CUP dan Door prise dalam rangkah peringati Hari Juang Kartika tahun 2017.

Dalam sambutan Asisten ll Malaka, Silvester Leto mengemukakan, kegiatan bhaksos yang digelar Satgas Yonif 742/SWY berdampak positif. Kegiatan program TNI selain peduli warga perbatasan juga dalam rangka membangun Desa di garis perbatasan dengan negara tetangga.

“Terimakasih untuk Satgas Yonif 742. Kami sangat bangga dengan kehadirannya bertugas di tempat kami. Warga sangat terbantu khususnya di bidang pertanian, keterampilan dan kerajinan untuk mendapatkan nilai tambahan serta bidang lainnya,” ujar dia.

Menurut Leto, bhaksos yang dilaksanakan ini sudah kedua kali oleh Satgas Yonif 742/WWY. Di bidang pertanian sangat mengharapakan partisipasi rekan-rekan dari TNI sebagai motor penggerak utama dalam revolusi pertanian yang ada di Kabupaten Malaka.

Baca juga : Kodam IX Udayana Gelar Bhaksos Dimeriahkan Terjun Payung

“Dengan adanya kegiatan ini kita saling mengenal dan untuk menjalin tali silahturami sehingga tidak terjadi gesekan atau keributan yang mengganggu kamtibmas yang ada di Kabupaten Malaka”, ujar Leto.

Dansatgas Yonif 742/SWY, Letkol Inf. Moh. Fuad Suparlin menyampaikam terima kasih kepada semua masyarakat Kabupaten Belu khususnya yang berada di wilayah Kobalima Timur atas kerja sama dan dukungan selama satuan bertugas di perbatasan Malaka dan Timor Leste.

“Kami harapkan, apa yang sudah kami lakukan selama bertugas di wilayah ini bisa ditingkatkan dan dikembangkan terus oleh Pemerintah Malaka”, kata dia.

Suparlin juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama kami bertugas di wilayah Malaka, satuannya melakukan kesalahan ataupun pelanggaran yang menyakiti warga. “Sebelum purna tugas sebentar lagi, sekali lagi mohon kami dimaafkan,” pinta dia.

Sementara Dandim 1605/Belu, Letkol Czi.I Gusti Putu Dwika menyampaikan terimakasih kepada Satgas Yonif 742/SWY yang peduli dengan warga perbatasan melalui kegiatan bakti sosial. Ini merupakan wujud TNI manunggal dengan rakyat, bersama rakyat TNI kuat. “Kegiatan ini sangat positif, karena ini diharapkan giat ini jangan berhenti sampai disini tapi ke depan terus dilakukan satuan lain yang bertugas,” harap Gusti.

Turut hadir dalam kegiatan, Wadansatgas Yonif 742 /SWY, Danramil 1605/04 Betun, Danramil 1605/05 Kobalima,
Kapolsek Kobalima, Kapolsek Malteng, Para Perwira Satgas Yonif 742/SWY, Para Kepala Desa se-Kec Kobalima Timur, Tokoh Agama,Tokoh pemuda,Tokoh masyarakat, Tokoh Adat, masyarakat serta para Guru dan pelajar setempat.