Puluhan Ribu Penduduk Kupang Belum Rekam e-KTP

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dari jumlah penduduk 322.451 warga Kota Kupang wajib KTP, ada sebanyak 92.440 warga belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik e-KTP.

“Sampai akhir tahun 2017 masih terdapat 92.440 warga Kota Kupang yang belum melakukan perekaman e-KTP. Kita harapkan mereka segera melakukan perekaman KTP sebagai tahapan proses penerbitan e-KTP,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kupang David Mangi kepada wartawan.

Ia mengatakan jumlah penduduk Kota Kupang tercatat 435.400 orang tersebar di 51 kelurahan dengan penduduk wajib KTP sebanyak 322.451 orang. Namun yang telah mengantongi-KTP elektronik hanya 217.678 orang.

Ia menambahkan warga Kota Kupang yang belum memiliki KTP tercatat 104.773 orang, sedangkan warga yang telah melakukan perekaman namun belum mengantongi e-KTP sebanyak 12.333 orang.

Baca juga : Pemkot Akui Sarana Prasarana Kesehatan di Sekolah Masih Minim

“Dengan demikian masih terdapat 92.440 orang warga Kota Kupang yang belum melakukan perekaman e-KTP. Pemerintah Kota Kupang sudah menyiapkan fasilitas perekaman di Kantor Kecamatan di Kota Kupang,” tegasnya

Dikatakannya, masih banyaknya warga Kota Kupang yang belum melakukan perekaman KTP elektronik karena kurangnya kesadaran dari warga itu sendiri.

“Kita sudah imbau berulang kali melalui media massa maupun pemerintah kelurahan untuk mengimbau warga yang belum melakukan perekaman KTP segera melakukan perekaman di kantor kecamatan di daerah ini. Kita minta secepatnya melakukan rekaman agar segera memiliki e-KTP,” ujar Mangi.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Kupang sedang mendesain program untuk melakukan perekaman keliling untuk melayani perekaman bagi warga lanjut usia yang tidak bisa datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang maupun kecamatan untuk melakukan perekaman.