Polres Belu Himbau Warga Jaga situasi Kondusif di Hari Natal dan Tahun Baru

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kepolisian Resor (Polres) Belu menghimbau kepada seluruh warga di wilayah Kabupaten Belu dan Malaka, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL agar selalu menjaga situasi kondusif dan waspada di hari Natal dan pergantian tahun baru mendatang.

Seruan tersebut dituangkan melalui pamflet yang dibagikan kepada warga di Kota Atambua terpusat di beberapa titik utama, seperti simpang lima, pasar baru dan beberapa titik lainnya. Pembagian pamflet dipimpin Kasat Intelkam Polres Belu, AKP Didid Wahyu Agustyawan, Rabu (13/12/2017).

Adapun himbauan tersebut antara lain, Kapolres Belu, AKBP Yandri Irsan meminta kepada seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Belu dan Malaka agar senantiasa meningkatkan toleransi antar umat beragama serta menjaga ketertiban dan kewaspadaan terhadap gangguan Kamtibmas maupun tindak kejahatan.

Dikatakan, menjelang akhir tahun tentunya warga masyarakat yang akan beribadah, berlibur dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Jangan sampai kondisi tersebut dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meninggalkan rumah.

“Amankan barang-barang berharga seperti uang dan perhiasan emas serta dokumen-dokumen penting dengan menitipkan kepada kerabat yang dapat dipercaya. Matikan peralatan listrik yang tidak penting serta peralatan masak, dengan melepaskan regulator pada selang kompor gas,” papar dia.

Baca juga : Kapolda Copot Kasat Reskrim Polres Manggarai Terkait OTT

Selanjutnya, jangan lupa mengunci semua pintu dan jendela rumah dengan baik. Bila memungkinkan lengkapilah rumah anda dengan perangkat CCTV yang terhubung dengan internet sehingga bisa dikontrol dari manapun.

“Jika bepergian, jangan lupa sampaikan atau beritahu ke tetangga untuk menitipkan rumah supaya bantu melihat dan jangan lupa selalu komunikasi dengan tetangga,” ujar dia.

Himbauan lainnya, kepada warga jangan membunyikan kembang api dekat dengan tempat ibadah, sekolah, rumah sakit serta pada saat puncak pelaksanaan ibadah Hari Natal nanti. Tidak boleh mengemudi kendaraan baik roda dua, roda empat, roda enam saat mengantuk, mengonsumsi miras, mabuk mabukan yang dapat mengganggu ketertiban umum.

Selain itu dihimbaukan juga untuk tidak menggunakan knalpot racing dan melakukan aksi kebut-kebutan di jalan yang dapat mengganggu Kamtibmas. “Ini beberapa himbauan, warga ini bisa paham, patuh dan laksanakan dengan baik demi terwujudnya toleransi umat beragama dan keamanan serta kenyamanan di wilayah hukum Polres Belu,” pinta Yandri.