Jelang Hari Juang Kartika, Satgas Wiratama Berbagi Kasih Dengan Warga Perbatasan Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Juang Kartika tahun 2017, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 712/Wiratama berbagi kasih dengan warga Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dengan Timor Leste.

Kegiatan peduli warga perbatasan program TNI satuan asal Manado meliputi bhakti sosial pemeriksaan kesehatan, pengobatan dan khitanan massal secara gratis bagi warga Wedomu, Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Selasa (12/12).

Sesuai press release yang diterima media, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis diikuti warga sebanyak 277 orang. Sementara pelayanan sunatan massal sebanyak 30 orang. Kesempatan itu juga berlangsung pasar murah dari PT Bulog dan PT Wings Atambua.

Dansatgas Yonif Raider 712/WT, Letkol INF. Elvino Yudha Kurniawan mengatakan, hari Juang Kartika sebagai hari jadi TNI Angkatan Darat erat hubungannya dengan peristiwa heroik Palagan Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945 dalam mempertahankan kedaulatan dan Kemerdekaan NKRI yang di proklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945.

“Kegiatan baksos yang dilaksanakan hari ini dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika. Ini juga merupakan wujud nyata sinergitas dan kepedulian TNI khususnya TNI-AD untuk masyarakat di wilayah Perbatasan yang saat ini dilaksanakan di Desa Manlete” ujar Elvino dalam sambutanya.

Baca juga : Jelang Hari Juang Kartika, Kodim 1605/Belu Karya Bhakti Bersihkan Rumah Ibadah

Dengan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat, Elvino mengajak seluruh warga di perbatasan untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui kegiatan sosial kepada masyarakat terutama di bidang kesehatan.

“Mari kita tingkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui kegiatan sosial dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” imbuh dia.

Kesempatan itu, Elvino menyampaikan limpah terima kasih kepada seluruh pihak yang turut serta memberikan sumbangsih lewat bantuan baik tenaga maupun berupa barang demi mensukseskan kegiatan bakti sosial.

“Kegiatan ini program rutin Satgas selain tugas utama jaga perbatasan. Baksos Ini semata-mata untuk membantu masyarakat di wilayah perbatasan dan kita melayani dengan hati,” pungkas dia.

Untuk diketahui turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Satgas Yonif Raider 712//WT, ‎Mayor Inf Moh. Zainollah, Danramil 1605-07/ Wedomu, ‎Kapten Inf Alex Bessie, Dansub Sektor Fatubesi, Aiptu Dwi,
Sekcam Tastim Vincensus Bauk dan Kepala Desa Manleten, Christian J. Roni Seran.