Sosialisasi Panwaslu Tak Sebatas di Kota, Harus Sampai ke Akar Rumput

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) harus tingkatkan sosialisasi guna mengenalkan lembaga kepada publik. Sehingga warga masyarakat bisa mengetahui tentang keberadaan dan peran Panwaslu.

Oleh karena itu, sosialisasi yang dilaksanakan Panwaslu tidak hanya sebatas bagi warga di Kota, tetapi harus sosialisasikan sampai ke akar rumput dan melibatkan tokoh-tokoh adat. Hal itu dimaksudkan agar warga mengetahui tupoksi Panwaslu, apalagi jelang Pemilu.

Demikian kesimpulan kelompok diskusi dalam kegiatan sosialisasi dan FGD pengawasan partisipatif Pemilu di Atambua, Sabtu (9/12/2017).

Dalam pemaparan hasil diskusi kelompok, dijabarkan juga bahwa tidak bisa dipungkiri saat ini sebagian besar warga tidak mengetahui lembaga Panwaslu. Justru warga lebih mengenal lembaga KPU.

Panwaslu harus melakukam sosialisasi berksenimbungan. Selain itu harus bentuk tim juga warga masyarakat yang kurang paham sehingga bisa tahu keberadaan Panwaslu. Diharapkan, masyarakat ikut partisipasi dalam Pemilu juga ikut sama-sama mengawas Pemilu tahun 2018 dan 2019.

Baca juga : Panwaslu Ajak Media Kawal Pemilu di Belu

“Tingkatkan sosialisasi karena itu sangat penting bagi warga guna menghindari pelanggaran dalam Pemilu seperti money politik dan lainnya,” pinta peserta.

Menyikapi hal itu, Ketua Panwaslu Belu, Andreas Parera menyampaikan bahwa, para peserta 54 orang yang hadir merupakan teman-teman relawan yang membantu penyelenggara sekaligus pelaksanaan Pemilu di Belu.

“Mari semua peserta relawan sebarkan informasi terkait Pemilu di Belu, sehingga masyarakat berpartisipasi dan hindari pelanggaran,” ajak dia.

Parera juga meminta para relawan menjaga komitmen dan tetap mengawal pelaksanaan Pemilu mendatang. Perlu diawasi karena pesta demokrasi kepentingan politik demi suksesnya atau terpilih.

“Kita inging pesta demokrasi bermartabat, mari berikan kesadaran pada warga dan bersama kita kawal Pemilu mendatang,” ucap dia.

Tambah Parera, pihaknya gencar melakukan sosialisasi dan FGD. Sebelumnya di pekan lalu telah dilaksanakan dan awal pekan depan hari Senin akan sosialisasi kepada para pelajar tingkat SMA sebagai pemilih pemula.