Panwaskab Harap Masyarakat Diberdayakan Sebagai Pemantau

Bagikan Artikel ini

Laporan Muhammad Habibudin
Kupang, NTTOnlinenow.com – Sosialisasi pengawasan pemilu yang diselenggarakan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaskab) Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) berharap agar masyarakat dapat diberdayakan sebagai pemantau pemilu mendatang.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan Kamis (7/12/2017) di aula hotel Merlyn Waingapu, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu serta melaksanakan sistem pengawasan yang efektif dan efisien sehingga mampu mendorong partisipasi masyarakat.

Hal itu disampaikan Ketua Panwaskab Sumba Timur Anwar Engga, pada kesempatan itu hadir pula Satuan Intelkam Kepolisian Resort (Polres) Sumba Timur sebagai narasumber Kepala Satuan Intelkam Polres Sumba Timur, Iptu Leonardus Leu bersama anggota.

Menurut Anwar Engga, kegiatan sosialisasi ini kami mengundang tokoh masyarakat, agama, pemuda, Pers dan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam melakukan pengawasan pemilu serta memantau jalannya pesta demokrasi mendatang.

Baca juga : Kadis Pendidikan NTT Sesalkan Pernyataan Menteri Pendidikan

“Kita minta peran aktif masyarakat dalam pengawasan pilkada 2018 maupun pemilu 2019, ini sangat dibutuhkan karna ini merupakan tanggung jawab kita bersama dan menjaga hak konstitusi kita agar tidak disalah gunakan,”ucapnya.

Lanjut Anwar Engga, mengingat masih banyak mahasiswa yang siap bersama-sama menjadi pemantau diharapkan Panwaslukab juga dapat memberdayakan semua lapisan masyarakat yang bersedia menjadi pemantau.

“Saya harap Sumba Timur menjadi daerah percontohan dengan tingkat partisipatif masyarakat dalam pengawasan pilkada dan pemilu yang tinggi,”tandasnya.