Miris, Tumpukan Sampah Membusuk Hiasi Pasar Baru Atambua

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pasar baru Atambua yang menjadi pusat ekonomi dipenuhi dengan tumpukan sampah. Sekilas pasar yang terletak di wilayah Kelurahan Beirafu, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu, Timor Barat perbatasan RI-Timor Leste itu bak tempat pembuangan akhir sampah.

Diabadikan media, Rabu (6/12/2017) pukul 08.00 Wita, tumpukan sampah yang dihasilkan dari pedagang pasar tidak terurus, berserakan dimana-mana seperti gudang sampah. Namun demikian, tumpukan sampah itu sampai saat ini tidak diperhatikan petugas kebersihan.

Akibatnya tumpukan sampah sejak beberapa hari lalu itu mulai menimbulkan aroma tak sedap atau bau busuk hingga menyengat di sekitar kawasan pasar. Hal tersebut tentunya mengganggu aktifitas warga baik pedagang, maupun pembeli dan kelancaran kendaraan yang melintas.

Nampak, tumpukan sampah terdapat di beberapa titik disekitar kawasan pasar tradisional itu. Persis di depan toko Matahari, sampai dibiarkan berserakan di bahu jalan tanpa bak sampah. Nampak pula bak sampah plastik bantuan yang dibagikan iktu ditumpuk diatasi sampah.

Selain itu tumpukan sampah juga nampak di depan ruko (toko emas). Dimana ada bak truk sampah yang telah penuh tidak diangkut bahkan sampah berceceran di samping bak hingga menumpuk.

Baca juga : DPRD Belu Sidak ke Pasar Ikan Temukan Sampah Bau dan berulat

Tidak saja itu tumpukan sampah lain terdapat di jalan Pramuka persisnya simpang empat toko Kharisma. Sampah yang ada dalam bak sampah mulai membusuk. Bahkan sisa sampah berserakan dijalan raya dikarenakan bak sampah oto telah penuh.

Sementara itu tumpukan sampah lain terdapat di lokasi pasar ikan dan daging serta tumpukan sampah di jalan Vetor Lidak depan los sayur mayur atau persisnya depan toko Bintang Timur.

Beberapa warga yang berbelanja termasuk pedagang mengaku merasa tidak nyaman dengan kondisi tumpukan sampah yang ada di beberapa titik mengelilingi kompleks pasar. Apalagi sampah tersebut mulai menimbulkan bau busuk.

“Ini mempengaruhi kesehatan. Kalau bisa petugas Kebersihan segera mengangkut sampah yang ada sehingga warga merasa nyaman,” pinta mereka.

Salah seorang petugas Kebersihan yang dikonfirmasi saat tengah memungut sampah mengaku, sampah-sampah belum diangkut karena kendaraan atau mobil sampah mengalami kerusakan dan sedang diperbaiki.

 

 

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*