Program BPJS Sangat Membantu Masyarakat

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Keberadaan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dirasakan oleh masyarakat. Manfaatnya sangat membantu masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan.

Abut Paulus (54) warga Naekasa, Kelurahan Manumutin, Kabupaten Belu salah satu pengguna BPJS yang ditemui, Selasa (5/12/2017) mengaku dirinya sangat terbantu dengan program BPJS. Dituturkan, pengelaman anaknya pernah sakit membutuhkan biaya besar.

“Ketika itu anak kedua saya masuk rumah sakit dan biayanya besar. Kami kewalahan karena biayanya besar, tapi dengan BPJS kami terbantu sekali karena tidak ada beban biaya,” ujar Abut ditemani isterinya Silviana Meninum.

Abut yang juga PNS mengatakan, sebelumnya keluarganya memakai Askes kemudian tiga tahun terakhir bergabung dengan BPJS. Dirinya mengalami hipertensi dengan BPJS sangat tertolong dan bergabung dengan dokter Yonis juga rutin lakukan pemeriksaan darah.

“Jadi anggota peserta BPJS itu investasi kesehatan sangat penting. Kita dapat layanan dari dokter keluarga. Pengeluaran tidak rutin karena tiap bulan dipotong gajinya dan secara pribadi BPJS sangat membantu,” ucap dia peserta non PBI.

Baca juga : Peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan Atambua Capai 802.611 orang

Pengelaman pribadi sangat bagus jadi peserta BPJS. Kita mudah mendapat pelayanan kesehatan dan tidak harus siap uang, karena berobat ke dokter pribadi. Banyak hal baru yang didapat dari dokter pribadi soal kesehatan dan cara menjaga pola makan, olah raga demi kesehatan.

Menyikapi maraknya informasi negarif terkait program BPJS jelas Abut, hal tersebut tidak benar. Kehadiran BPJS sangat membantu terutama bagi warga kurang mampu. Kebiasaan terjadi masalah, ada peserta BPJS yang tidak menyetor iuran tiap bulan, sehingga saat sakit mendapat pelayanan harus keluarkan biaya.

“Warga yang belum jadi peserta BPJS supaya bisa gabung jadi anggota. BPJS sangat bantu soal investaai kesehatan dan hal lain. Kita tidak tahu kapan penyakit menggerogoti kita, untuk antisipasi itu kita bisa jadi anggota BPJS,” saran Abut.

Diharapkan, ke depan BPJS terus meningkatkan pelayanan kepada warga terutama warga yang kurang mampu ekonominya. Tidak saja itu BPJS juga harus menyampaikan informasi terkait manfaat program BPJS kepada warga lain yang belum mengetahui tentang apa itu program BPJS.

“BPJS selalu tingkatkan pelayanan dan kalau bisa dimana ada kelompok masyarakat, BPJS harus terlibat gabung, berbaur dengan masyarakat sehingga lebih dikenal lagi,” pungkas dia.