Tour Si Komo 2017 Menyatukan Hobbies Sepeda Jawa Tengah

Solo, NTTOnlinenow.com – Gelaran OPCYTouring Bike dari Solo – Komodo (Si Komo) 2017, diberangkatkan pada 20 November 2017 mendatang, yang rencananya akan dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Peserta Tour Si Komo akan menempuh jarak sekitar 1314 Km untuk sampai di Pulau Komodo, dengan perkiraan waktu selama 9 hari perjalanan.

Siaran pers yang diterima NTTOnlinenow.com menerangkan, Tour Si Komo ini bukanlah sebagai ajang balap sepeda, melainkan peserta tour ini membawa misi untuk mengajak warga mengurangi produksi polusi lingkungan dan mempopulerkan gaya hidup sehat dengan bersepeda. “OPCY ingin mengajak masyarakat untuk membiasakan gaya hidup sehat dengan bersepeda, serta menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi aktif mengurangi produksi polusi demi kesehatan bersama” Jelas Teriana Maditama, selaku Manager PT. OPCY Tripadia Informatika, saat ditemui dikantor OPCY, Jl.dr.Soetomo 28, Solo.

“Team OPCY Touring Bike ini terdiri dari para pesepeda dengan berbagai latar belakang, mulai dari Athlet sepeda, Dokter, Montir, Juru Parkir bahkan Penjual Bakso, karena pada dasarnya kami membuka kesempatan pendaftaran umum (melalui website www.opcy.co.id) yang berminat untuk turut berolah raga sepeda bersama satu visi dan misi dengan satu tujuan kebaikan bersama” imbuh Teriana.

Adapun Touring Bike yang telah dilakukan oleh Team OPCY adalah para peserta telah melakukan persiapan dengan cara menggelar Tour Sepeda Solo – Parangtritis 100 km, Tour Sepeda Solo – Tawangmangu 100 km, Tour Sepeda Solo – Cangkringan 100 km, dan Tour Sepeda Solo – Pacitan 252 km. Menurut Khoirul Hadi selaku Ketua Panitia Tour, “persiapan fisik dengan melakukan tour sepeda jarak jauh diperlukan oleh para peserta Tour Si Komo, karena tidak semua peserta tour ini merupakan atlet sepeda.

Selain itu untuk peserta yang memiliki latar belakang atlet sepeda juga perlu menyesuaikan kecepatan rata-rata dengan peserta non atlet”. Sepanjang perjalanan menuju Pulau Komodo, Team OPCY Touring Bike akan menempuh perjalanan sejauh 1314KM, berhenti di 8 pit stop untuk beristirahat, diantaranya daerah Jawa Timur, Pelabuhan Gilimanuk, Denpasar Bali, Lombok, Sumbawa dan beberapa daerah lain dalam rute Solo – Komodo.

Khoirul Hadi menambahkan, “OPCY Tour Si Komo (Solo – Pulau Komodo) ini merupakan pre-event menuju Tour yang lebih besar, yaitu OPCY Tour de Ballon (OPCY Touring Bike dari Denpasar Bali Indonesia ke London UK) yang direncanakan akan diselenggarakan pada Mei tahun 2018 hingga September 2018. OPCY Tour de Ballon adalah Touring bersepeda mengemban misi Budaya dan Pariwisata Indonesia.

OPCY Tour de Ballon selain sebagai media campaign untuk hidup sehat bersepeda juga merupakan event promosi wisata dan budaya Indonesia, melalui pementasan performing art yang akan diselenggarakan di setiap KBRI masing-masing negara sepanjang rute Bali – London UK.

 

 

 

 

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*