Dispendukcapil Dapat Jatah Tambahan Delapan Ribu Keping e-KTP Dari Kemendagri

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Bulan Oktober lalu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DispendukCapil) Kota Kupang, kembali mendapat alokasi 8 ribu keping e-KTP. Dengan Kuota itu bisa mengatasi krisis permintaan warga Kota Kupang akan KTP elektronik.

Demikian dikatakan Kepala DispendukCapil Kota Kupang, David Mangi kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Kupang, Rabu (29/11/2017).

Mangi mengatakan, kuota tambahan yang diberikan kepada pemerintah Kota Kupang, setelah Komisi I, DPRD Kota Kupang, bersama pemerintah Kota Kupang melakukan kunjungan ke Kementerian dalam rangka melakukan konsultasi terkait perbedaan jumlah data Penduduk semester I, antara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Dispendukcapil. Dalam Konsultasi, pihak Komisi I, dan Pemerintah Kota Kupang turut menyampaikan soal ketersediaan blangko e-KTP yang kian menipis, dan pihak Kemendagri memberikan alokasi blangko e-KTP sebanyak 8 ribu.

Baca juga : DPRD Geram Pembangunan Reservoir Tidak Sesuai Kesepakatan di Banggar

Ia mengaku dari jumlah Kuota sebanyak itu, kini hanya tersisa sekitar 5 ribu lebih keping, karena pihaknya sudah melakukan pencetakan KTP bagi warga Kota Kupang yang telah melakukan perekaman.

Menurutnya, dengan tambahan kuota blangko e-KTP sebanyak 8 ribu keping, maka untuk tahun 2017, kementerian telah mengalokasikan sebanyak 18 ribu blangko e-KTP.

Pada kesempatan itu, Mangi juga meminta kepada warga Kota Kupang, yang telah melakukan perekaman e-KTP namun belum mendapatkan KTP, silahkan melakukan pengecekan KTP di Kecamatan maupun pada Dispendukcapil. Sementara warga yang telah melakukan perekaman dan mempunyai surat perakaman segera membawa surat itu ke DispendukCapil untuk di cetaka KTP-nya.