Selesai Proses Hukum, Pengerjaan PLTU Aufuik Atapupu Dilanjutkan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Meski telah terhenti beberapa tahun, pengerjaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Aufuik di Dusun Susuk, Desa Dualuas, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL akan dilanjutkan.

Demikian Anggota Komisi VII DPR RI, Ferry Kase disela-sela kegiatan sosialisasi pengembangan bank sampah dalam pengelolaan infrastruktur hijau menuju Indonesia bersih sampah 2020, Senin (27/11/2017) di Aula Hotel Matahari Atambua.

Dikatakan, dirinya akan terus berupaya mendorong pihak PLN agar melanjutkan pengerjaan PLTU Aufuik yang sempat terhenti proses pembangunan beberapa tahun lalu. Pengerjaan tersebut akan dilanjutkan setelah proses hukum selesai dan setelah pihak PLN mendapatkan rekomendasi dari Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) tidak bermasalah.

Politisi Partai Hanura itu menuturkan, sebelumnya telah rapat kerja dengan Menteri dan rapat digelar Rapat dengar pendapat (RDP) Komisi dengan Dirut PLN. Dalam rapat itu ditanyakan soal kondisi PLTU Aufuik dan jawab PLN pengerjaan dihentikan karena sedang proses hukum.

Jelas Ferry, pengerjaan PLTU Aufuik yang sempat terhenti dikerjakan oleh kontraktor lama. Kasus tersebut masih masuk ranah hukum. Pihaknya akan terus mendorong agar kasusnya segera diselesaikan sehingga pengerjaan PLTU Aufuik dapat dilanjutkan dan kita akan mengawasinya terkait dengan pembuangan limbah.

“Mereka (PLN) tinggal dapat rekomendasi dari BPKP, apakah bisa mereka melanjutkan pengerjaannya. Sementara penanganan kasusnya kontraktor yang lama. Kasus ini kan harus di clear dulu, mereka tidak mau masuk sementara masih ada masalah mereka tidak mau ikut terperiksa,” sebut Ferry.

Sementara terkait dengan upah para karyawan (securyti) di PLTU Aufuik yang belum dibayar selama beberapa bulan jelas Ferry dirinya telah menanyakan dalam sidang dan panggil Dirut PLN jawabnya akan memperhatikan hal tersebut. “Tapi kondisi terakhir saya belum tahu, kalau belum ada mereka surati saja biar saya tindaklanjuti saja biar dibayar,” tegas Ferry.