Ferry Kase Serahkan 6 Unit Motor Sampah ke DLH Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua,NTTOnlinenow.com – Dalam rangka menuju Indonesia bersih 2020, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI bersama DPR RI menyerahkan bantuan berupa 6 (enam) unit sepeda motor sampah ke Pemerintah Kabupaten Belu.

Sesuai pantauan media, Senin (27/11/2017) bantuan sepeda motor tiga roda secara simbolis diserahkan langsung Anggota VII DPR RI, Ferry Kase didampingi Kasubid Evaluasi dan Tindaklanjut Pengelolaan SDA dan LH P3E Bali dan Nusra, Awang Erry Sofyar kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Belu, Yohaneta Mesak.

Penyerahan berlangsung di sela-sela acara sosialisasi pengembangan bank sampah dalam pengelolaan infrastruktur hijau menuju indonesia bersih sampah 2020 di Aula Hotel Matahari Atambua, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL.

Ferry usai penyerahan tersebut mengatakan, penyerahan secara simbolis sepeda motor tiga roda kepada Pemkab Belu ini merupakan bagian dari perjuangan wakil rakyat atas aspirasi warga. “Walaupun belum maksimal, tapi 6 unit kendaraan bak sampah kita berikan ke Dinas Lingkungan Hidup Belu,” ujar dia.

Menurut dia, di Kabupaten Belu ada kelompok bank sampah yang sudah bergerak cukup bagus dan Belu menjadi contoh pameran atau studi banding. Bantuan yang diberikan untuk tugas pelaksanaan Dinas dalam mengelola sampah di perbatasan Belu.

“Sampah masih menjadi masalah sampai saat ini. Karena itu Pemerintah Daerah jangan sampai melupakan urusan sampah dan lingkungan,” ujar dia.

Dikatakan, sampah yang selama ini terabaikan ternyata mempunyai nilai ekonomis yang bisa dikelola menjadi barang yang bernilai, bermanfaat dan berinvestasi.
Ada dua sampah yakni, sampah organik yang gampang hancur dan non organik yang mana masih punya nilai yang bermanfaat bagi kita yaitu limbah seperti jenis kertas, plastik dan lainnya.

“Harapan kita supaya sebelum terlambat daerah yang dianggap masih cukup virgin jauh dari polusi, dan Belu masih tetap bersih. Karena itu manfaatkan bantuan ini untuk mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai uang,” pinta Ferry.

Terkait itu, dirinya terus berupaya memperjuangkan aspirasi warga Belu dalam hal lingkungan hidup melalui sarana prasarana sehingga lebih optimal lagi. Sehingga ke depan akan banyak lagi peralatan untuk lingkungan menuju sampah bersih di tahun 2020 nanti.

“Saya akan mendorong terus dan perjuangkan agar ke depan semakin banyak lagi peralatannya. Bantuan yang ada bisa dimanfaatkan kelompok bank sampah,” akhir Ferry.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belu, Yohaneta Mesak mengemukakan, bantuan kendaraan sampah ini berkat perjuangan Anggota DPR RI Ferry Kase sebagi mitra di tingkat Nasional.

“Beliau cukup memperjuangkan aspirasi warga NTT karena itu apresiasi bagi Pak Ferry dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI atas bantuan motor sampahnya. Motor ini sangat membantu, kita akan kelola sampah dengan pinsip Reuse, Reduce dan Recycle,” pungkas Mesak.