Lima Orang di Kota Kupang Ditemukan Menigadap HIV dan AIDS

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Tim Survey dari dinas Kesehatan Kota Kupang, bersama sejumlah Lembaga peduli HIV/AIDS kembali menemukan lima orang di Kota Kupang yang terdeteksi mengidap HIV/AIDS. Ditemukannya lima orang yang mengidap HIV/AIDS merupakan hasil dari sero survey tahap II yang dilakukan.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sry Wahyuningsih kepada wartawan, Jumat (24/11/2017), di ruangkerjanya.

Sry mengatakan, lima orang yang terdeteksi sebagai pengidap HIV/AIDS dari hasil sero Survey terhadap 300 orang ditempat-tempat yang ditenggarai punya potensi besar, seperti Bar dan Karaoke, tempat Prostitusi, dan komunitas-komunitas berisiko lainnya.

Menurutnya, kelima orang tersebut saat ini, tengah menjalani pemeriksaan intensif, yang didampingi para konselor untuk penguatan terhadap mereka, sebab orang yang terdeteksi virus yang belum ada obatnya saat ini, butuh dibimbing agar mereka bisa menerima kenyataan dan mau diobati.

“Memang untuk virus HIV/AIDS belum ada obatanya hingga saat ini, tapi ada obat untuk meningkatkan kembali kekebalan tubuh mereka, sehingga mereka bisa beraktifitas layaknya orang yang tidak terkenan virus tersebut,” katanya.

Ia mengaku secara keseluruhan, sero survey telah dilakukan sebanyak dua kali di tahun 2017, sero survey pertama telag dilakukan pada bulan april lalu, dan hasil dari survey tersebut ditemukan sebanyak dua orang pengidap HIV/AIDS, dan pada sero survey tahap kedua ditemukan lima orang pengidap HIV/AIDS, sehingga toal pengidap yang berhasil diidentifikasi sebanyak tujuh orang.