72 Panwascam Kabupaten Kupang Dilantik

Bagikan Artikel ini

Oelamasi, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 72 anggota Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan Kabupaten Kupang dilantik dan dikukuhkan untuk dapat menjalankan tugasnya mengawasi penyelenggaraan Pemilu selama 2 Tahun di Kabupaten Kupang Provinsi NTT. Pelantikan dan pengambilan Sumpah 72 Petugas Pengawan Pemilu ini dilakukan Oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Kupang Ny. Merry A. Tiran, SE, Rabu (15/11/2017) Bertempat di Aula Kantor Bupati Kupang di Kota Oelamasi.

Hadir pada Pelantikan tersebut Anggota Banwaslu Prov. NTT Baharudin Hamsah, Sekda Kab. Kupang Hendrik Paut, Ketua KPUD Kabupaten Kupang Hans Ch. Louk dan Forkompinda Lingkup Pemkab Kupang.

Ketua Panwaslu Kabupaten Kupang Ny. Merry A. Tiran, SE dalam sambutannya menyatakan dengan dilantiknya 72 Panwascam, telah siap melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Menurutnya pengawasan Pemilu merupakan tugas negara dan amanat konstitusi yang perlu dilaksanakan dengan baik, penuh pengabdian, berintegritas dan komitmen penuh melayani. Merry mengingatkan anggota Panwascam memegang teguh sumpah dan janji hari ini dan tidak terpancing dengan tawaran dan pengaruh dari luar yang bisa mengancam dan menodai tugas dan tanggung jawab sebagai Panwascam.

Anggota Banwaslu Provinsi NTT Baharudin Hamsah dalam sambutannya menyatakan Panwascam memegang tanggung jawab yang cukup besar karena ada 4 pemilu yang harus diawasi mulai dari Pilkada Gubernur dan Bupati tahun 2018 hingga Pilpres dan Pileg tahun 2019.

Baca juga : Sekda Minta OPD Tingkatkan Kinerja

Dirinya meminta setiap anggota Panwascam memperlengkapi diri dengan belajar aturan/ regulasi terkait pengawasan, UU Pemilu, Peraturan Banwaslu dan sebagainya sebagai senjata melaksanakan tugas. Pesan penting yang disampaikan Baharudin agar anggota Panwascam yang telah dilantik memiliki sikap netral, membangun soliditas, jaga mentalitas, jaga kesehatan dalam melaksanakan tugas, tingkatkan profesionalisme. Ketika anda membuat rekomendasi, buatlah itu sesuai dengan Undang-undang dan aturan yang berlaku. Jaga wibawa lembaga seperti menjaga nama baik diri sendiri,” Pesan Baharudin.

Sementara itu Sekda Hendrik Paut dalam sambutannya mewakili Pemerintah menyampaikan selamat bertugas bagi Panwascam yang telah dilantik dan berharap dapat melaksanakan tugas secara baik. Menurut Sekda Paut, pelantikan ini merupakan peristiwa kebangsaan yang menjadi momentum Panwascam melakukan tugas dan fungsinya guna mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu baik di daerah maupun ditingkat Pusat.

Tahun 2018-2019 merupakan tahun politik, sehingga keberadaan Panwascam menjadi bagian guna mendukung berjalan agenda pemilukada, Pilpres dan Pileg dengan baik, aman dan lancar. Dirinya berharap setiap proses politik khususnya penyelenggaraan Pemilu dapat berjalan secara benar sesuai aturan, tidak menimbulkan gejolak dan dapat dipercaya masyarakat.

Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten Kupang Apredal Tefu, S.ST dalam laporannya menyatakan bahwa ke 72 Anggota Panwaslu Kecamatan ini dipilih melalui seleksi yang cukup ketat selama 3 hari mulai tanggal 3-5 November 2017 dan ditempatkan di 24 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kupang dengan kompisisi 1 Kecamatan 3 Orang tenaga. Beberapa tugas penting yang diemban oleh panwaslu Kecamatan ini adalah mengawasi pelaksanaan pemilukada Bupati Kupangv dan Gubernur NTT tahun 2018 serta mengawasi penyelenggaraan Pemilihan Presiden dan Legislatif pada tahun 2019 mendatang sehingga pelaksanaannya berjalan dengan baik, jujur dan adil. Humas Setda Kabupaten Kupang