Bazar Kewirausahaan Tumbuhkan Semangat Kreativitas Pelajar SMAN I Insana

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Siswa SMA Negeri I Insana Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT) ternyata memiliki jiwa kewirausahaan yang sangat tinggi. Selama dua hari berturut – turut sejak Jumat hingga Sabtu (10-11 /11) menggelar bazar di halaman depan Sekolah. Kegiatan bazar yang digelar selain mempraktekkan mata pelajaran yang diperoleh juga dalam rangka menumbuhkan semangat siswa – siswi memeriahkan hari pahlawan yang ke – 72.

Pantauan NTTOnlinenow.com, kegiatan bazar yang berjalan sejak pukul 09.00 – 17.00 wita hingga sore harinya sangat ramai dikunjungi warga. Kepala sekolah dan seluruh tenaga pendidik mendampingi para siswa di stand masing – masing. Sekitar belasan stand yang dibuka, semuanya menyiapkan aneka makanan dan camilan yang terbuat dari pangan lokal yang memiliki nilai gizi tinggi dan kerajinan tangan lainnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri I Insana, Yohanes Don Bosco yang dikonfirmasi melalui Pengawas Pembina, Wens Lopes dalam sambutannya mengatakan kegiatan bazar ini merupakan implementasi dari materi yang selama ini dipelajari di sekolah. Dan dirinya merasa sangat berbangga lantaran kegiatan bazar selam dua hari berjalan baik.

“Kegiatan bazar ini untuk yang pertama kalinya kami selenggarakan. Sebagai tenaga pendidik kami sangat berbangga karena ternyata kegiatan bazar ini sangat antusias disambut semua pelajar. Dan ini merupakan implementasi dari semua ilmu yang diperoleh”, ungkap Lopes.

Baca juga : Pertemuan Tokoh Adat Desa Manusasi Guna Penyelesaian Tapal Batas Dengan Oeccuse

Sambungnya, “Lewat bazar ini anak didiknya mampu menciptakan berbagai inovasi usaha. Salah satunya mempromosikan makanan tradisional yang terbuat dari pangan lokal dan ada juga beberapa kerajinan tangan lainnya. Kami berharap lewat kegiatan ini, anak – anak semakin semangat menampilkan berbagai kreativitas mereka di bidang kewirausahaan.

Nampak di beberapa stand, produk siswa – siswi ini habis terjual dalam waktu yang singkat di hari pertama. Seorang guru pendamping, Isodorus Luku mengatakan melalui kegiatan bazar ini para siswa tidak hanya sekedar menjual kreativitasnya di lingkungan sekolah tetapi juga menjadi perhatian pihak sekolah untuk mulai berpikir bagaimana membangun kerjasama dengan pihak luar untuk membantu memasarkan.

“Melihat antusias pengunjung selama dua hari ini, kami semua terlebih anak – anak semakin termotivasi untuk terus berkarya. Karena ini juga merupakan bekal bagi masa depan mereka. Bagaimana kita mengajar mereka untuk belajar mandiri menopang kehidupan ekonominya kelak. Ini kesempatan baik bagi peserta didik untuk semakin giat belajar tentang inovasi produk, proses promosi hingga tahap pemasaran”, jelas Isodorus.

Selain menggelar bazar, SMAN I Insana juga mengadakan berbagai perlombaan menarik diantaranya, Lomba berpidato dalam bahasa Inggris, lomba membaca puisi dan lomba Pop singer.