150 Orang Satlinmas Ikut Pembekalan Cegah Radikalisme

Laporan Muhammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 150 orang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) kabupaten Sumba Timur NTT, Kamis (2/11/2017) mengikuti pembekalan dan pelatihan bagi anggota Satlinmas yang bertempat di hotel Cendana Km 4 kota Waingapu.

Kegiatan dibuka oleh Dandim 1601 diwakili Danramil Kapten Arh Bernawi kota Waingapu, turut hadir Kapolres Sumba Timur mewakili Iptu Heru Santoso, Kasat Pol PP Sumba Timur, Pimpinan OPD, Kadis Kesbangpol, Ketua KPUD dan Danki Brimob Sumba Timur.

Kapten Bernawi dalam sambutannya mengatakan, pembekalan peran Satlinmas untuk mencegah radikalisme di masyarakat tepatnya dilihat dari akar permasalahannya dari sudut konteks sosial politik dalam kerangka histori manusia yang ada di masyarakat.

Dia juga menjelaskan, faktor emosi keagamaan harus diakui bahwa salah satu penyebab gerakan radikalisme adalah faktor sentimen keagamaan termasuk didalamnya adalah solidaritas keagamaan untuk kawan yang tertindas oleh kekuatan tertentu.

Baca juga : Operasi Zebra Puluhan Kendaraan Terjaring di Waingapu

“Jadi selain faktor emosi adapun faktor kultur ini memiliki andil cukup besar yang berlatar belakang munculnya radikalisme, hal itu wajar karna secara kultural, dalam masyarakat selalu ditemukan usaha untuk melepaskan diri dari jeratan-jeratan kebudayaan tertentu yang dianggap tidak sesuai,”tandasnya.

Kapten Bernawi menghimbau, peran Satlinmas untuk mencegah radikalisme dengan langkah-langkah seperti deteksi dini, cegah dini dan tingkatkan sistim keamanan lingkungan.

“untuk deteksi dini lakukan pemetaan wilayah dan menentukan tingkat kerawanan wilayah terhadap ancaman terorisme dengan libatkan TNI/Polri serta masyarakat, cegah dini laksanakan pengamanan kepada masyarakat dari pengaruh maupun aksi sedangkan tingkatkan Siskamling untuk waspadai warga yang menutup diri terhadap lingkungan,”pungkasnya.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*